Biji Kakau Jembrana Juara III Nasional, Penilaian Mengacu SNI 2323.2008 | Bali Tribune
Diposting : 14 November 2022 01:44
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune/ JUARA- Kakau Jembrana meraih juara III Lomba Biji Kakao Nasional yang diselenggarakan oleh Dekaindo.
balitribune.co.id | Negara - Komoditas kakau Jembrana berhasil meraih juara III Lomba Biji Kakao Nasional yang diselenggarakan oleh Dewan Kakao Indonesia (Dekaindo) serangkaian dengan Peringatan ke-10 Hari Kakao Indonesia tahun 2022. Perolehan juara tersebut diumumkan pada puncak peringatan Hari Kakao Indonesia ke-10 di gelaran SIAL InterFOOD di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta, Sabtu (12/11/2022). 
 
Penghargaan diserahkan Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Hendratmojo Bagus Hudoro, didampingi Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian RI, Putu Juli Ardika dan Ketua Dewan Kakao Nasional, Soetanto Abdoellah kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Ketua Kelompok Tani Merta Abadi Desa Ekasari I Kade Suantara.
 
Ketua Dekaindo Soetanto Abdoellah menyampaikan, lomba biji Kakao Nasional diikuti 40 peserta yang berasal dari daerah sentra budidaya Kakao di Indonesia. Peserta sendiri kebanyakan berasal dari perseroan atau PT, Koperasi serta kelompok tani. Ia menyebut setelah dilakukan tahapan penilaian akhirnya didapat tiga biji kakao terbaik di Indonesia. Tiga biji kakau terbaik yakni juara I biji kakao yang berasal dari Kabupaten Berau, juara II berasal dari NTT dan juara III biji kakao Jembrana. 
 
Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang hadir pada puncak Peringatan ke-10 Hari Kakao Indonesia tersebut mengungkapkan kebahagiaannya atas prestasi yang diraih oleh Kabupaten Jembrana terhadap kakao yang telah menjadi komoditas unggulan. Pihaknya mengapresiasi keseriusan petani kakau Jembrana, "Prestasi tersebut adalah bukti kerja keras seluruh petani khususnya Kelompok Tani Merta Abadi Desa Ekasari dengan konsisten dan tekun dalam mengembangkan komoditi kakao," ujarnya. 
 
Untuk meningkatkan produksi kakao di Jembrana, pihaknya telah mendeklarasikan Desa Ekasari sebagai Desa Kakao Organik Jembrana. "Di Desa Ekasari kita telah menyiapkan lahan 200 ha untuk ditanami ratusan ribu bibit kakao kwalitas unggul jenis MCC02. Ini adalah program kerjasama Pemkab dengan Puslit Koka Jember melihat potensi yang sangat besar yang nanti dapat membawa kemajuan di Jembrana. Saya optimis lewat kakao ini mampu memberikan jaminan hidup untuk petani di Jembrana," ungkap Tamba.
 
Ketua Kelompok Tani Merta Abadi Desa Eksari I Kadek Suantara mengaku pihaknya sangat terharu akan prestasi yang telah diraih karena satu-satunya yang berasal dari petani dan yang lainnya kebanyakan adalah PT. "Meskipun saat ini peringkat ke-III, ke depan kita akan lebih giat dan tekun lagi sehingga diperlombaan berikutnya hasilnya lebih maksimal dan bahkan memperoleh juara I biji kakao Indonesia. Sekali lagi penghargaan ini, saya dedikasikan untuk seluruh Anggota Kelompok Tani Kakao Merta Abadi Desa Ekasari," imbuhnya. 
 
Ia mengku banyak impact (dampak) positif yang diperoleh atas penghargaan yang telah diraih ini, salah satunya memperluas pasar. Pihaknya menyatakan prestasi yang di raih oleh petani kakau di Ekasari ini diharapkan bisa memotivasi petani lainnya untuk ikut menanam kakau.