Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

BKKBN Provinsi Bali Latih Enumerator

BKKBN
Sesi foto bersama dicelah acara Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) tahun 2018.

BALI TRIBUNE - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali akan melangsungkan Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) tahun 2018. Untuk iru, sebanyak 27 peserta yang terdiri dari 25 enumerator dan 2 supervisor diberikan pelatihan khusus. Seperti pada tahun sebelumnya, survey yang sudah memasuki tahun ketiga ini juga dilakukan dengan menggunakan smartphone sebagai sarana dalam pengumpulan dan pengolahan data. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Ir. Catur Sentana saat membuka kegiatan pelatihan enumerator di Ruang Wacika Perwakilan BKKBN Provinsi Bali menyampaikan dalam pelaksanaan survei SKAP ini ada 4 tahapan penting yang wajib dilaksanakan. Pertama, pelatihan fasilitator dan supervisor di Pusat. Kedua pelatihan terhadap enumerator yang akan terjun ke lapangan. Ketiga, listing responden pada block sensus yang ditetapkan. Keempat, wawancara/pengumpulan data, analisis data, dan pelaporan.  Di samping itu, menurutnya perlu diingatkan pula bahwa survei akan dilakukan dengan menggunakan smartphone. Dengan kemudahan ini, seluruh peserta pelatihan diharapkan melaksanakan seluruh tahapan pengumpulan data dan wawancara sesuai dengan kententuan yang berlaku. Agar kemudahan tersebut tidak disalahgunakan, Catur Sentana juga mengingatkan agar para peserta latihan tidak coba-coba memanipulasi data. Lantaran selama terjun ke lapangan, mereka akan dipantau dengan GPS. "Kalau ada yang bekerja dengan mereka-reka di atas meja atau hanya mengandalkan petugas/kader, maka saudara akan diberikan teguran oleh manajemen data pusat dan saudara akan diminta untuk melakukan wawancara ulang,” tegasnya. Menurut Catur Sentana dengan menggunakan smartphone sebagai alat untuk pengumpulan dan pengolahan data, banyak kemudahan yang bisa diperoleh. Diantaranya, ramah lingkungan, tidak memerlukan tempat khusus untuk proses pengolahan data, karena entry dan editing data dilakukan sekaligus dan data dapat dikirim ke server pusat.  Dalam jangka waktu panjang, data ini juga masih dapat dipergunakan, serta kesalahan dalam memasukan data dapat diminimalisir karena akan ada peringatan otomatis dari aplikasi yang dipergunakan. "Dengan demikian, saya berharap hasil dari Survey ini dapat mendekati hasil SDKI 2017, sehingga kita dapat mengevaluasi kinerja kita berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam rangka penyusunan kebijakan program KKBPK” tambahnya. Kepala Sub Bidang Program dan Kerjasama, Ni Made Ari Listiani selaku panitia pelaksana menyampaikan kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan dengan melibatkan narasumber dari BKKBN Pusat, Dosen Univ. Ngurah Rai, peneliti dari CPHI (Centre of Public Health Innovation) Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Unud dan tim dari BKKBN Provinsi Bali.

wartawan
Bernard MB
Category

Merayakan Natal di Tengah Kemerosotan Ekologis

balitribune.co.id | Sebentar lagi gereja sejagat merayakan Natal. Liturgi meriah, paduan suara gegap gempita. Banyak kota-kota di dunia juga di Indonesia memberi warna dan ciri tersendiri. Ada pohon natal menjulang tinggi, dihiasi lampu warna-warni. Pernak pernik Natal ini dipasang di banyak sudut kota, di mall, pusat keramaian dan sebagainya.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Libur Nataru 2025/2026, BRI Denpasar Siapkan Kas Rp 1 Triliun

balitribune.co.id | Denpasar - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui BRI Region 17/Denpasar memastikan kesiapan layanan perbankan bagi masyarakat selama periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), khususnya di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.