BPJAMSOSTEK Cabang Gianyar Bantu Pemenuhan APD Petugas Medis Klungkung | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 27 Oktober 2020
Diposting : 5 May 2020 18:50
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / SIMBOLIS - Imam Santoso menyerahkan bantuan APD secara simbolis kepada Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta

balitribune.co.id | Gianyar - Berbagai pihak mendukung pemerintah dalam memutus penyebaran virus Corona (Covid-19). Upaya ini pun dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Gianyar dengan menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis di Kabupaten Klungkung. 

APD diserahkan langsung kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta oleh Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bali Gianyar, Imam Santoso, Selasa (5/5). 

Bupati Suwirta, menyampaikan bantuan APD tersebut sangat berarti bagi tenaga medis yang saat ini menangani pasien Corona.

"Bantuan berbagai macam APD ini sangat diperlukan bagi tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan, terutama dalam menghadapi wabah virus Corona saat ini,” ucapnya. Kata dia, dengan adanya bantuan APD dari berbagai pihak dapat membantu pemenuhan kekurangan APD bagi tenaga medis.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cabang Gianyar, Imam Santoso mengungkapkan, bantuan APD ini merupakan bagian dari upaya untuk ikut mendukung dalam pencegahan penyebaran Covid-19. "Kami berharap bantuan ini dapat memberikan perlindungan bagi tenaga medis, sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19," katanya.

Bantuan ini sumber dananya merupakan hasil kolaborasi sumbangan dari seluruh karyawan BPJAMSOSTEK Cabang Gianyar dan Serikat Pekerja DPKC Bali Gianyar. Tidak hanya itu, untuk mendukung pemerintah memutus penyebaran Covid-19, BPJAMSOSTEK menyediakan Lapak Asik yang telah diaktifkan pada pertengahan Maret yang lalu imbas merebaknya Covid-19.

Protokol Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pekerja. Mengingat prosedur klaim JHT (Jaminan Hari Tua) yang sebelumnya mengharuskan peserta hadir dan membawa dokumen asli ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kini dapat dilakukan sepenuhnya via online. Kemudahan ini tentunya dapat dimanfaatkan seluruh pekerja untuk tetap bisa melakukan klaim JHT dari rumah, khususnya di tengah pandemi Covid-19.