BPS Bangli Mulai Terapkan Sensus Penduduk Sistem Online | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 22 September 2020
Diposting : 17 February 2020 00:05
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ ISI DATA- Bupati I Made Gianyar mengisi data sensus secara online di dampingi Kepala BPS Bangli I Made Antara Yasa, Sabtu (15/2).

balitribune.co.id | Bangli - Badan Pusat Statistik (BPS) Bangli telah memulai melakukan sensus penduduk 2020 (SP2020) dengan sistem online. Launcing program anyar ini diawali dari Bupati Bangli I Made Gianyar. SP dimulai Februari hingga 31 Maret mendatang.

Kepala BPS Bangli I Made Antara Yasa mengatakan untuk SP2020 dilakukan dengan sistem online. Masyarakat dapat mengakses layanan yang disiapkan BPS yakni melalui sensus.bps.go.id. Setelah masuk ke halaman tersebut, warga memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Berdasarkan selebaran yang dikeluarkan BPS, setelah masuk ke laman itu, ada tahap pengisian yang bisa diikuti. Dengan sistem online akan mempermudah dalam pengisian data. "Masyarakat bisa langsung mengisi data. Cukup membuka link sensus.bps.go.id. dengan sistem online akan lebih efektif dan efisien," ungkapnya, Sabtu (15/2).

Untuk SP2020 BPS Bangli mentargetkan jumlah maksimal, mengikuti target BPS Provinsi Bali. "Untuk target nasional 22 persen lebih, untuk Bali target 100 persen, dan Bangli mencapai target maksimal," jelasnya. Kemudian untuk pelaksanaan SP2020 ini, kata Made Antara Yasa, BPS Bangli menggandeng OPD di lingkungan Pemkab Bangli, diharapkan SP2020 dapat disebar luaskan di masing-masing keluarga maupun lingkungan sekitar. Selain itu, akan dilibatkan pula siswa-siswa SMK/SMA.

Disinggung terkait masyarakat yang belun memiliki fasilitas berupa handphone atau akses internet, Made Antara Yasa menyampaikan nantinya akan ada petugas/agen dari BPS yang langsung melakukan sensus door to door. "Kami juga akan menggandeng Camat dan Perbekel, kemudian dilanjutkan di masing-masing banjar/dusun. Kami juga menyiapkan jadwal sensus kolektif. Jadi masyarakat bisa berkumpul di balai masyarakat kemudian sensus bisa sekaligus," jelasnya disela-sela kegiatan sensus di kediaman Bupati Bangli, Made Gianyar di Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Bupati Made Gianyar menyebutkan SP2020 dengan sistem online cukup mudah untuk dilakukan. Masing-masing keluarga bisa langsung mengakses laman BPS dan misi data secara mandiri. "Kami imbau warga Bangli segera mengisi sensus dan memberikan data yang akurat," harapnya.