Buka Pasar Rakyat, Putri Koster Ingatkan Pedagang Berlandaskan Kejujuran | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 14 Juli 2024
Diposting : 7 June 2023 15:27
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune/ KUNJUNGI - Ketua Tim Penggerak PKK Prop Bali Nyonya Putri Koster saat kunjungi Pasar Rakyat Klungkung.

balitribune.co.id | Semarapura - Tim Penggerak PKK Provinsi Bali bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung kembali menggelar Pasar Rakyat dengan tema Berbelanja dan Berbagi di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe dan Balai Budaya Ida Dewa Jambe, Senin (5/6/2023).

Ini merupakan kali ke dua Kabupaten Klungkung sebagai tempat pelaksanaan Pasar Rakyat. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta turut mendampingi Ketua TP-PKK Ny.Ayu Suwirta menyambut kedatangan Bunda Putri sekaligus mendampingi berkeliling berbelanja disetiap stan pameran UMKM.

Ketua TP-PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta mengatakan, pada pasar rakyat kali ini melibatkan sebanyak 57 pengerajin dengan berbagai macam stand mulai dari bahan pangan, produk umkm, kerajinan dan stand makanan yang bervariasi. Sedangkan para penerima manfaat berasal dari 3 Kecamatan Klungkung Daratan. "Terima kasih kepada Ketua TP-PKK Provinsi Bali yang telah memilik Kabupaten Klungkung sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Pasar Rakyat. Ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Klungkung terutama bagi para pelaku UMKM." ujar Ny. Ayu Suwirta.

Ketua TP-PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster menyampaikan Ide awal munculnya kegiatan pasar rakyat adalah ketika pada masa pandemi, dimana masyarakat terbatas untuk berpergian kepasar dan menyebabkan para petani dan produsen UMKM mengalami kendala dalam pemasaran. Pasar Rakyat ini diharapkan akan dapat membangkitkan semangat petani dan UMKM untuk bangkit pasca pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulannya ini juga merupakan salah satu bentuk wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten / kota se Bali. Ny. Putri Koster juga mengingatkan, Klungkung sebagai pusat penjualan kain tenun tradisional, maka semua pengerajin wajib menjaga kemurnian produknya. "Dalam berjualan para pedagang juga harus berlandaskan kejujuran, jangan menginjak produsen dan jangan membohongi konsumen. Pedagang maksimal menjual barangnya lebih mahal 25 dari harga pokok." ujar Ny. Putri Koster.

Pada pasar rakyat ini diserahkan pula bantuan sembako kepada 100 orang penerima, dimana bantuan diserahkan secara simbolis oleh seluruh Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-Bali.