Bupati Karangasem Bersama Forkopimda Laksanakan Peninjauan Skema New Normal Life | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 15 Juli 2020
Diposting : 4 June 2020 20:27
Husein SS - Bali Tribune
Bali Tribune / TINJAU - Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri saat melakukan peninjauan ke Pasar Karang Sokong jelang penerapan new normal

balitribune.co.id | Amlapura - Guna mempersiapkan kebijakan baru New Normal, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan monitoring pelaksanaan protokol kesehatan dan gerakan wajib pakai masker di pasar tradisional Kota Amlapura, di antaranya yaitu Pasar Karangsokong Kelurahan Subagan, Pasar Timur Amlapura, dan Pasar Barat Amlapura, Kamis (4/6/2020).

Hadir dalam giat tersebut Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Surtini, Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa, Waka Polres Karangasem Kompol Aris Purwanto, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karangasem.

Rombongan mengawali kegiatan dengan melakukan pemantauan dan memberikan himbauan kepada para pedagang maupun pengunjung pasar Karangasokong, Subagan, agar tetap menerapkan sosial distancing. Pedagang dan pengunjung juga dihimbau tetap memakai masker serta tetap mengikuti protokol kesehatan dalam penerapan New Normal yang sudah diberlakukan oleh pemerintah Pusat.

Selanjutnya Bupati Mas Sumatri bersama Forkopimda menuju Pasar Timur dan Pasar Barat Amlapura. Senada dengan himbauan sebelumnya, kepada para pedagang maupun para pengunjung Pasar Amlapura pun diminta tetap menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak antar pengunjung.

“Sebelum new normal life diberlakukan, tentunya ada beberapa hal yang harus dipastikan. Antara lain bagaimana tingkat disiplin warga menggunakan masker, jaga jarak aman dan pola cuci tangan,” ujar Mas Sumatri.

Menurutnya, new normal ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat dengan harapan agar warga dapat secepatnya beradaptasi dengan kondisi tersebut. Pemerintah Kabupaten juga akan terus memantau dengan ketat perilaku sosial masyarakat sebelum sepenuhnya menerapkan New Normal.

“Jika sudah terbentuk kebiasaan menggunakan masker dan pola hidup sehat akan lebih mudah penerapan New Normal itu,” kata I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Sementara itu, menurut Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Surtini, pada intinya, kebijakan penerapan new normal ini adalah perubahan pola dan perilaku masyarakat yang menyesuaikan dengan kondisi pandemic viru corona (Covid-19).

“Tentunya kita akan melihat kondisi aktivitas warga yang kembali normal diantara pembatasan sosial di berbagai aspek yang telah d longgarkan, namun disertai dengan ketentuan protokoler kesehatan pencegahan covid-19,” ujar Kapolres Karangasem.