Bupati Klungkung Bersama BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan JHT & Klaim JKM Rp 53 Juta Kepada Ahli Waris | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 21 September 2021
Diposting : 26 March 2021 21:43
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / SANTUNAN - Suasana penyerahan santunan JHT & klaim JKM kepada ahli waris
balitribune.co.id | KlungkungDeputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Papua (Banuspa), Toto Suharto didampingi Asisten Deputi Direktur Wilayah Banuspa, Suhuri dan Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Gianyar, Bimo Prasetiyo menyerahkan santunan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada I Wayan Gunawan selaku ahli waris dari Ni Kadek Yuniardani. 
 
Penyerahaan secara simbolis ini diserahkan langsung oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Selasa 23 Maret 2021 lalu. Ahli waris mendapatkan haknya dari program Jaminan Kematian BPJAMSOSTEK sebesar Rp 42 juta berdasarkan PP Nomor 82 Tahun 2019 ditambah almarhum juga mempunyai tabungan hari tua sebesar Rp 11.713.230.
 
Ni Kadek Yuniardani sendiri merupakan pegawai Kantor Desa Bungbungan, Klungkung yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. I Wayan Gunawan selaku ahli waris sangat berterimakasih dengan adanya BPJAMSOSTEK, sebagai keluarga merasa terbantu dengan adanya program seperti ini. 
 
“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada BPJAMSOSTEK, santunan ini bisa saya gunakan untuk biaya Ngaben," ungkap Wayan.
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengapresiasi pihak BPJAMSOSTEK yang telah membayarkan santunan kepada pegawai kantor desa yang meninggal dunia tersebut. Bupati Suwirta berharap agar santunan ini bisa bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Bupati Suwirta juga berharap kepada BPJAMSOSTEK tetap menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung.
 
"Semoga santunan ini bisa bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Suwirta.
 
Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Papua (Banuspa), Toto Suharto pada kesempatan yang sama mengatakan, penyerahan santunan ini wujud hadirnya pemerintah ditengah pekerja. Ia berharap, penyerahan santunan ini meningkatkan kepercayaan dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya perlindungan sosial ketenagakerjaan. 
 
Ia pun meminta Pemerintah Kabupaten Klungkung mendukung gerakan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh masyarakat pekerja. Ia menilai, Pemerintah Kabupaten Klungkung selama ini memiliki komitmen kuat dalam mendukung program jaminan sosial ketenagakerjaan. 
 
"Tinggal yang lain kita gerakkan, agar program BPJS Ketenagakerjaan tidak lagi dianggap kewajiban, melainkan sebagai kebutuhan," bebernya. 
 
Menurut dia, santunan bukan pengganti nyawa tetapi adalah bekal bagi yang ditinggalkan. "Nilai kebaikan peserta dari kepala keluarga untuk keluarganya sebagai penyambung penghidupan," kata Toto Suharto.
 
Sementara itu, Bimo Prasetiyo selaku Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Bali Gianyar juga menambahkan akan pentingnya perlindungan dari BPJAMSOSTEK. "Ditengah wabah covid-19 ini, ahli waris harus tetap mendapatkan haknya dari perlindungan BPJAMSOSTEK. Semoga santunan ini bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat yang lainnya mau peduli atas manfaat program BPJAMSOSTEK," ujar Bimo.