Bupati Mas Sumatri Buka Pameran Pembangunan dan PKB Karangasem 2018 | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 11 Juli 2020
Diposting : 12 June 2018 23:59
redaksi - Bali Tribune
BUKA - Bupati Mas Sumatri dan Wabup Wayan Artha Dipa memukul tambur tanda pembukaan Pra PKB dan Perayaan HUT Kota Amlapura.

BALI TRIBUNE - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Senin (11/6), membuka pameran potensi dan hasil pembangunan yang disinkrunkan dengan pembukaan PKB Karangasem tahun 2018 di Stadion Amlapura, dimana kegiatan ini dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Kota Amlapura ke-378.

Ketua Umum Panitia Tetap Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura Sekda Karangasem I Gede Adnya Mulyadi menyampaikan, pameran pembangunan yang dirangkaikan dengan pembukaan PKB Karangasem ini bertepatan dengan peringatan HUT Kota Amlapura ke-378, tujuannya adalah untuk menghormati jasa I Dewa Karang Amla sebagai pendiri kota Amlapura dan pewarisnya.

Adnya Mulyadi menjelaskan, pelaksanaan rangkaian peringatan hari jadi Kota Amlapura ke 378 dilaksanakan selama 14 hari sesuai rencana, dimulai sejak tanggal 11-24 Juni 2018 mendatang. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan meliputi, Pameran Potensi dan Hasil Pembangunan selama 14 hari dengan jumlah Stand Pameran sebanyak 75 unit, dengan peserta dari kalangan pelaku UKM, lndustri, Dagang dan stand Kuliner.

Selain itu juga digelar berbagai pertunjukan hiburan serta penampilan artis Pop Bali seperti, Lawak Dadong Rerod, Uji coba Gong Gebyar, Kiss Band, Ari Kencana dan kawan-kawan, Jun Bintang, Broken Radio, Pop Bali Karangasem, dan Joni Agung. Juga digelar berbagai lomba seperti lomba Fotografi, Lomba Olahraga Tradisional, Karangasem 10 K, Lomba Kebersihan Kantor, Pertokoan dan Pasar, Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018, dan lomba-Iomba Iainnya.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura tahun ini mengambil tema “Tri Hita Karana, Harmoni Jagat Semesta”, merupakan nilai pertama dari pemaknaan “Karangasem The Spirit of Bali”. “Dengan tema ini kami harap akan menjadi momentum kita untuk mulat sarira terhadap komitmen di dalam menjaga harmoni hubungan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sesama manusia, dan dengan lingkungan atau alam semesta,” tegas Bupati. Oleh karenanya, kata Mas Sumatri seluruh aspek kegiatan akan dijiwai oleh tema ini.

Selain Pameran, rangkaian peringatan ini juga akan menampilkan kesenian-kesenian yang ada di Kabupaten Karangasem, hal ini dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan Seni Budaya yang ada di Kabupaten Karangasem, serta memberikan hiburan kepada masyarakat Kabupaten Karangasem yang sehari-hari bergelut dalam kesibukannya masingmasing.

"Kiranya rangkaian kegiatan Perayaan Hari Jadi Kota Amlapura ini nantinya dapat menjadi momentum bagi masyarakat Karangasem untuk lebih mencintai Kabupaten Karangasem dan mau berpartisipasi dalam pembangunan, tentunya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karangasem,” tandasnya.

Pembukaan Pameran Pembangunan ditandai pelepasan balon angka 378 oleh Bupati dan Wakil Bupati Karangasem serta Kapolres Karangasem AKBP, I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom . Dilanjutkan dengan  peninjauan stand pameran oleh Bupati Mas Sumatri, Wabup Artha Dipa dan Pimpinan  Instansi di jajaran Pemda.