Bupati Suwirta Buka Porcam Nusa Penida | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 20 Oktober 2021
Diposting : 22 April 2016 15:11
Djoko Purnomo - Bali Tribune
PORCAM - Bupati Suwirta saat membuka Pekan Olahraga Kecamatan di Nusa Penida, Kamis kemarin.

Semarapura, Bali Tribune

Setelah sebelumnya membuka Porcam di Kecamatan Dawan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Porcam Nusa Penida  di Lapangan Umum Sampalan, Nusa Penida, Kamis (21/4). Hadir juga, Ny. Ayu Suwirta, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FKPC), Perwakilan Disdikpora, dan perbekel se-Kecamatan Nusa Penida.

Dalam laporan ketua panitia I Putu Suartawan,  dalam Porcam kali ini diikuti 16 desa dan mempertandingkan 5 cabang olahraga, yakni voli indoor, catur, tenis meja, biliar, dan futsal. Khusus untuk voli dan futsal dipergunakan batasan maksimal umur 21 tahun. ”Karena umur 21 tahun merupakan usia emas bagi generasi muda,” ujar Suartawan.

Porcam akan berlangsung seminggu, dan berharap mampu memfilter atlet-atlet muda yang berbakat dan mempunyai talenta yang selanjutnya akan diuji kemampuan mereka ke jenjang Pekan Olahraga Kabupaten serta ke Porprov Bali bahkan dalam ajang nasional.

Bupati Suwirta dalam sambutannya berharap dengan diadakannya kegiatan Pekan Olahraga Kecamatan Nusa Penida, mampu melahirkan atlet-atlet yang berkualitas. Karena seperti yang diketahui, untuk melahirkan atlet yang berbakat dan berkualitas tidaklah mudah.

Untuk itulah Porcam ini terselenggara dengan harapan regenerasi bibit muda berprestasi yang nantinya mampu bersaing di bidang olahraga di tingkat yang lebih tinggi kalau bisa mampu ke tingkat internasional. Tidak hanya di tingkat kecamatan, di tingkat desa juga harus menggelar Pekan Olahraga Seni Desa, sehingga dalam Porcam tahun depan bisa mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

Persiapan pun juga akan lebih maksimal, karena kualitas atlet yang dipilih sudah dketahui. ”KONI sehabis Porcam, tolong evaluasi dan berikan laporannya,” tegas Suwirta.

Evaluasi tersebut bertujuan melaporkan data atlet-atlet baru yang mempunyai bakat maupun talenta, dan melihat kualitas atlet yang lama apa meningkat ataukah menurun kemampuan dari tahun ke tahun bisa dilihat di evaluasi tersebut. Sehingga atlet yang dipunyai Klungkung, memang atlet yang benar-benar berkualitas yang nantinya mewakili Kabupaten Klungkung di pekan olahraga yang lebih tinggi.