Bupati Suwirta Cek Warga di Eks Galian C Gunaksa, Ternyata Banyak Duktang Tak Miliki Izin Tinggal Sementara | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 25 September 2020
Diposting : 15 June 2020 18:04
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune /PENGECEKAN - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan pengecekan terhadap warga yang tinggal di eks galian C wilayah Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (15/6/2020) pagi. (ist)
balitribune.co.id | Klungkung - Menindaklanjuti laporan adanya penduduk pendatang (duktang) yang belum mengantongi surat tinggal sementara, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan pengecekan terhadap warga yang tinggal di eks galian C wilayah Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Bupati Suwirta didampingi KasatpolPP Putu Suarta, Perbekel Desa Gunaksa Ketut Budiarta, Bendesa Desa Adat Gunaksa I Nengah Ariyanta dan Pecalang setempat memastikan administrasi kependudukan warga tersebut, pada Senin (15/6/2020) pagi.
 
Setelah Bupati Suwirta turun ke lokasi ternyata memang benar fakta di lapangan bahwa sebagian besar warga yang berada disana berasal dari luar daerah seperti Lombok dan ada beberapa dari daerah lain dan tidak memiliki tanda tempat tinggal sementara dari desa. "Memang benar fakta dilapangan sebagian besar warga yang berada di sana tidak memiliki tanda tempat tinggal sementara," ujar Bupati Suwirta.
 
Lebih lanjut, Bupati Suwirta menugaskan Kepala Desa, Bendesa maupun pecalang agar mendata warga pendatang yang ada disana, sehingga lebih mudah untuk memantau sebab mereka disana menyewa tanah, kemudian mereka juga menggunakan sewa listrik. "Saya akan memastikan dulu keberadaan tanah itu milik siapa, sehingga kedepan lebih mudah mendapatkan data yang pasti terkait kepemilikan tanah tersebut," kata Bupati Suwirta.
 
Selain itu, Bupati Suwirta juga meminta warga pendatang disana menjaga dengan baik kebersihan lingkungan. "Tolong jaga dengan baik kebersihan lingkungan disini apalagi berdekatan dengan jalur sungai dan jangan sampai ada yang membuang sampah sembarangan," himbau Bupati Suwirta.