Bupati Suwirta Jadi Rebutan Parpol Klungkung | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 November 2020
Diposting : 28 May 2019 12:52
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Sekretaris Partai Hanura Klungkung Wayan Buda Parwata
balitribune.co.id | Semarapura - Pasca Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta hengkang dari Partai besutannya Gerindra,kini mulai jadi “Mutiara ” dan menjadi primadona dikalangan partai politik yang ada di Klungkung. Ada beberapa partai yang membuka diri jika bupati Suwirta ingin bergabung kepihaknya. Namun ada juga partai yang tidak mau ambil keuntungan dari mundurnya bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini.
 
Hal tersebut ditunjukkan berbeda oleh partai Hanura di Klungkung. Justru Hanura Klungkung menghormati keputusan Suwirta terkait  dirinya keluar dari Partai Gerindra.“Kami tidak mau ambil keuntungan dibalik mundurnya pak Suwirta dari Gerindra.  Tujuan kami di Hanura juga menjalin hubungan komunikasi yang baik karena selama ini kami juga baik hubungannya dengan partai Gerindra,” ujar Sekretaris DPC Partai Hanura Klungkung, Wayan Buda Parwata, Senin(27/5).
 
Menurut Buda Parwata, Hanura tidak akan mencampuri urusan bupati Suwirta dengan partai Gerindra. Karena menurut Buda hal itu urusan pribadi Suwirta dengan partainya. Namun demikian, Buda Parwata yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Klungkung ini menghormati keputusan Suwirta mundur dari partai Gerindra. “Itu hak beliau (Suwirta—red) mundur dari partai Gerindra. Kami tidak mau mencampuri urusan pribadi beliau,” ujarnya tegas.
 
 Politisi asal Desa Kamasan ini secara bijak  mengatakan kalau Nasdem akan selalu siap menerima jika bupati Suwirta mau bergabung ke Nasdem.
 
Politisi asal Desa Timuhun, Banjarangkan, Klungkung ini juga berharap agar masyarakat dan elit- elit di Klungkung bisa  memahami keputusan yang diambil Suwirta selaku bupati.  Apalagi tujuan bupati pada masa jabatannya yang dua periode ini ingin mempercepat visi dan misinya untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Klungkung. “Selaku bupati,  posisi pak Suwirta kan harus ada ditengah- tengah dan bisa mengayomi seluruh masyarakat Klungkung, jadi kita pahamilah,” bebernya memberi nasehat.
 
Lalu ditanya terkait sikap Hanura di DPRD Klungkung terhadap kebijakan bupati Suwirta? Buda Parwata mengatakan sudah menjadi kewajiban dirinya melaksanakan tugas di DPRD dan mengawasi kinerja bupati. Kalapun kinerja dan program yang dilaksanakan  bupati Suwirta bagus, maka pihaknya di DPRD akan mendukungnya. “Kalau tidak bagus maka kita punya fungsi untuk mengkristisi,” tandasnya.
 
Dipihak lain malah hal berbeda ditunjukkan Partai  Nasdem di Klungkung. Partai ini ,malah  membuka diri jika bupati Suwirta ingin bergabung. Hanya saja Ketua DPD Nasdem Klungkung, Ketut Sukma Sucita mengatakan kalau partai Nasdem tidak melihat Suwirta dan tidak melihat siapa dia.  “ Kami di Nasdem sangat obyektif. Siapun dia yang penting mempunyai kinerja untuk memajukan masyarakat Klungkung, kami sellau ada dipihaknya,” terang  Sukma Sucita.
 
Namun politisi asal Desa Kamasan ini, mengingatkan bupati Suwirta ketika ingin berlabuh ke partai lain jangan sampai salah pilih. Bupati Suwirta diminta untuk berpikir bijaksana dalam memilih partai. “Beliau (Suwirta—red) harus melihat partai mana yang terbaik dan memberikan kontribusi untuk Klungkung. Bukan semata-mata untuk partai, tapi kinerja dari palform partai itu untuk memajukan Klungkung,” ujar Ketut Sukma Sucita diplomatis.uni