Bupati Suwirta Mantapkan Penanganan Sampah di Klungkung | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 19 September 2020
Diposting : 16 June 2020 22:30
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Bupati I Nyoman Suwirta saat mengunjungi lokasi pengolahan sampah di Dusun Karangdadi Desa Kusamba, Kecamatan Dawan.
Balitribune.co.id | Semarapura - Setelah melaunching inovasi Gema Tansaplas (Gerakan Bersama Puputan sampah Plastik) beberapa hari yang lalu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi tempat olah sampah setempat (Toss Center) di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin lalu. 
 
Kunjungan tersebut dilakukan sebagai tidaklanjut memantau kinerja petugas pemilah sampah plastik. Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana.
 
Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Suwirta melihat kondisi saat ini dilapangan bahwa truck  yang masuk menganggkut sampah saat ini sebanyak lima belas truck, sedangkan pada hari Jumat (12/6) lalu hanya sebelas truck.  Jika melihat situasi seperti ini terus-menerus hingga akhir bulan, pihaknya akan mengkaji untuk bisa menambah tenaga.
 
“Apabila kondisi ini terus seperti ini hingga akhir bulan akan dikaji untuk penambahan tenaga, karena kita tidak mungkin membawa sampah plastic ini ke TPA Sente lagi,” ujar bupati Suwirta.
 
Lebih lanjut, Bupati Suwirta mengaku akan terus berupaya menuntaskan masalah sampah di Kabupaten Klungkung. Dukungan dari masyarakat juga sangat diharapkan ikut membantu pemerintah didalam menuntaskan masalah sampah, dengan cara memilah dan membuang sampah sesuai dengan aturan yang telah berlaku. 
 
“Ikuti peraturan dari pemerintah jangan sampai ada masyarakat yang membuang sampah tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” harap Bupati Suwirta.
 
Selain itu, bupati Suwirta juga mengapresiasi  baik atas kinerja dan semangat yang ditunjukkan oleh para petugas DLHP didalam menjalankan tugasnya. “Mereka sangat bersemangat menjalankan tugas, tentu hal ini juga menjadi perhatian saya. Itu sebab, akan mendatangkan tim medis nanti sebulan sekali untuk mengecek kesehatan mereka agar tetap terjaga dengan baik,” ucap bupati Suwrita.