Bupati Suwirta Support Pembangunan Subak Gombeng Nyalian | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 14 October 2020 05:30
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ SUPPORT - Bupati mensupport dan menijau persawahan krama Subak Gombeng.
Balitribune.co.id | Semarapura - Untuk mempermudah akses menuju persawahan krama Subak Gombeng membangun jalan secara swadaya. Pembangunan jalan ini mendapatkan support atau dukungan dari Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dengan menyumbang 75 sak semen. Pengerjaan jalan Subak Gombeng, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung ini sempat ditinjau langsung Bupati Suwirta, Selasa (13/10). 
 
Turut hadir Kepala Dinas PU Kabupaten Klungkung Anak Agung Lesmana, Camat Banjarangkan I Dewa Komang Aswin, Perbekel Desa Nyalian Cokorda Gede Agung Maha Putra serta Kelian Subak Gombeng Kelod Desa Nyalian I Wayan Mustika. 
 
Dalam tinjauannya, Bupati Suwirta berjibaku menelusuri sawah yang dipadati lumpur tanah dengan luas 144 hektare. Bupati Suwirta mengapresiasi penuh atas semangat krama subak yang sudah bergotong royong membangun akses jalan tersebut dan masyarakat pemilik sawah juga sudah merelakan sekian meter sawahnya yang digunakan untuk akses jalan/tracking sehingga nantinya bisa dikembangkan menjadi Desa Wisata.
 
Bupati Suwirta menambahkan potensi ini agar segera dikonsep dulu siapa yang mengelola dan tentu harapan saya BumDes yang mengelola, sehingga nantinya Desa Wisata ini benar-benar dimiliki oleh Desa. Dalam pengembangan Desa Wisata ini konsepnya juga diharapkan berpariasi dan jangan menyamai konsep Desa Wisata yang lainnya. "Yang jelas saya support penuh kegiatan ini, mari jaga semangat gotong royong dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) seperti jaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan untuk menghindari penyebaran Covid-19," harap Bupati Suwirta kepada krama Subak.
 
Kelian Subak Gombeng Kelod Desa Nyalian I Wayan Mustika mengatakan tujuan dari proses pengerjaan akses jalan ini yakni untuk memperlancar perekonomian para petani disamping itu juga untuk menunjang sarana prasarana fasilitas Agrowisata yang masih dibangun oleh krama Subak Gombleng. Sistem pengerjaannya ini juga dikerjakan secara swadaya gotong-royong oleh krama Subak. 
 
Untuk pembiayaannya sudah diberikan support langsung oleh bupati berupa 75 sak dan donator-donator dari masing-masing krama 1 sak semen ditambah 10 truck pasir. Jumlah anggota sebanyak 490 krama dengan luas keseluruhan Subak 144 Hektare. "Terimakasih Bapak Bupati atas support dan dukungannya yang penuh semangat untuk krama Subak Gombleng," ujar Kelian Subak Gombeng Kelod Desa Nyalian I Wayan Mustika. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler