Cara Memancing Aki Lemah | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Desember 2021
Diposting : 19 August 2020 05:02
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/Lead jumper aki
Balitribune.co.id | AKI mobil yang lemah seringkali dipancing menggunakan bantuan mobil lain. Untuk memancing aki yang lemah dibutuhkan kabel penghubung (jumper leads) guna menghubungkan kutub-kutub aki di mobil dengan pemacing. Berikut ini beberapa kiat atau cara memancing aki:
 
Usahakan agar kedua kendaraan tidak saling menempel atau bersinggungan. Kemudian matikan semua sistem kelistrikan seperti lampu, radio dan AC agar tidak menyedot energi aki.
 
Lepadkan semua tutup aki, baik dari mobil mogok maupun mobil pemancing. Selanjutnya letakkan kain di atas aki tersebut untuk mengurangi bahaya letupan atau bahaya ledakan yang bisa terjadi. Setelah itu, hidupkan mesin pemancing selama beberapa menit sampai putaran mesin mencapai 2.000 rpm.
 
Hubungkan leads jumper (kabel jumper) sebagai penghubung dari kutub positif aki dari mobil pemancing. Demikian pula dengan kutub negatifnya. Biarkan beberapa menit pada putaran fast idle sekitar 2.000 rpm.
 
Setelah pengisian aki dinilai cukup, cobalah hidupkan mobil yang mogok. Lepaskan kabel jumper dengan urutan kabel negatif lebih dulu kemudian kabel positifnya. Lepaskan kain penutup di atas aki dan pasanglah kembali tutup aki.