Cara Mengusir Bau Pengap di Ruang Kabin | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 11 Juli 2020
Diposting : 1 July 2020 06:08
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ Bersihkan kabin agar selalu segar.
Balitribune.co.id | PERILAKU yang kurang bagus seperti sering membiarkan abu rokok, kulit buah atau bekas kemasan makanan berserakan di dalam mobil, termasuk alas kaki dan karpet nyaris tidak pernah dibersihkan menjadikan mobil pengap dan berbau. Berikut ini tips untuk menghilangkan bau tidak sedap itu:
 
  1. Secara teratur bersihkan kulit buah yang mungkin terselip di sudut-sudut ruangan penumpang. Sebab dalam tempo yang singkat kulit buah dan buah yang tertinggal akan membusuk dan memproduksi bau tak sedap.
  2. Bersihkan asbak sehari sekali atau lebih baik lagi anda tidak membiasakan rokok di dalam kendaraan. Asap rokok menimbulkan bau yang tak sedap.
  3. Sesudah mengemudikan beberapa lama, biarkan jendela mobil terbuka sehingga sinar matahari pagi menerobos masuk ruangan kendaraan.
  4. Bersihkan lapisan jok, dashboard, pintu dan langit-langit dengan memakai aerosol. Bila kotoran sedikit membandel, gunakan sabun dan sikat kecil.
  5. Cek seminggu sekali untuk memastikan ventilator tak tersumbat dan dalam keadaan baik. Bersihkan dengan menggunakan kuas kecil.
  6. Jika karpet terbuat dari beludru, gosok pelan-pelan dengan menggunakan shampo khusus.
  7. Bersihkan pula strim pintu dengan bahan spon yang lembut. Gunakan pula dashboard cleaner.
  8. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan ruangan dari debu. Kalau anda punya, gunakan kompresor untuk membersihkan celah-celah kecil seperti lipatan jok dsb.
  9. Untuk mobil ber-AC, bukalah jendela tiap 2 atau 3 jam sekali supaya udara dalam mobil berganti dengan udara segar.