Corona Meningkat, Gilimanuk Jadi Perhatian Serius | Bali Tribune
Diposting : 20 January 2021 07:54
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Roucke Harri mengecek langsung aktifitas pengamanan dan pemeriksaan pintu masuk Bali di areal Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk Selasa siang.
 Balitribune.co.id | Negara - Di tengah meningkatnya kasus Covid-19 belakangan ini, pintu masuk Bali menjadi perhatian serius. Hingga kini rapid test antigen masih tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang masuk Bali melalui jalur darat. Bahkan kini Posko Terpadu di Gilimanuk akan dipatenkan.
 
 Pengamatan pada Selasa (19/1) di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, arus masuk Bali tampak lengang. Seluruh PPDN baik penumpang pejalan kaki, pemotor maupun penumpang dan pengendara mobil yang tiba di Bali diharuskan melalui pemeriksaan. pemeriksaan di Gilimanuk setelah diberlakukan PKM di sejumlah Kabupaten/Kota di Bali kini dilakukan dengan dua metode.  Pengguna jasa penyebrangan menggunakan fasilitas dermaga 1, dermaga 3  dan dermaga LCM maka akan diturunkan penumpang bus, travel dan mobil pribadi di pos 2.
 
Pos 2 ini merupakan  titik pengamanan kedua atau terkahir untuk  menurunkan penumpang masuk Bali. Sedangkan bagi pengguna jasa penyebrangan yang menggunakan fasilitas dermaga 2 dan dermaga phonton akan diturunkan penumpang bus, travel dan mobil pribadi di pos jembatan. 
Selanjutnya penumpang jalan  kaki menuju ke Pos Pemeriksaan Rapid Test. Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan melakukan pemeriksaan terhadap kelengakapn suket (surat keterangan) negatif uji rapid test antigen untuk validasi suket rapid test antigen.
 
Bagi PPDN yang sudah membawa suket hasil negatif rapid tes antigen, diperbolehkan keluar pelabuhan. Sedangkan bagi PPDN yang belum melakukan rapid test antigen diminta melakukan rapid test di pos yang disediakan. 
Pengamanan dan pemeriksa di pintu masuk Bali ini menjadi perhatian serius. Bahkan Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Roucke Harri Langie Bersama sejumlah pejabat utama Polda Bali mengecek langsung aktifitas pengamanan dan pemeriksaan pintu masuk Bali di areal Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk Selasa siang.
 
Wakapolda Bali juga melakukan tatap muka dengan leading sector terkait. Kapolres Jembrana, AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan kunjungan Wakapolda Bali untuk melihat pelaksanaan tugas jajarannya di pintu masuk Bali. 
“Akses masuk Bali yang paling besar selain di bandara adalah melalui Gilimanuk” ujarnya. Menurutnya Wakapolda mengintruksikan agar dibentuk posko terpadu melibatkan TNI, Polri dan instansi terkait di Gilimanuk, “dengan posko terpadu, penanganan dan pencegahan di Gilimanuk lebih terstruktur dan terarah” jelasnya.
 
Sehingga posko terpadu yang ada saat ini akan dipantenkan lagi, “dibuat satu tempat, ada input dan teknis pelaporannya untuk mempermudah pelaksanaan kordinasi.” paparnya. Sedangkan pelaksanaan rapid test antigen bagi awak angkutan logistic yang masuk Bali, setelah sempat berbayar, kini dipastikan telah digratiskan, “sempat bayar tapi sudah di gratiskan lagi bagi awak angkutan logistic. Bisa di Terminal Sri Tanjung Banyuwangi atau di Pelabuhan Gilimanuk. Alatnya dari Pemprov Bali sedangkan petugasnya dari Kimia Farma” ungkapnya. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler