Covid-19 di Bali , Kasus Baru Cenderung Menurun | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 28 Oktober 2021
Diposting : 29 August 2021 23:25
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ Made Rentin
balitribune.co.id | Denpasar  - Sejak diberlakukannya PPKM Jawa-Bali khususnya dalam kurun waktu sepekan terakhir ini, kasus baru Covid-19 di Bali menunjukkan tren menurun di banding sebelumnya yang selalu di atas 1.000 orang per hari.
 
Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Made Rentin, Minggu (29/8) mengatakan, kasus terkonfirmasi hanya bertambah 302 kasus, sedangkan yang sembuh 932 orang dan 44 orang meninggal dunia.
 
Rentin mengurai, data pada Rabu (25/8) tercatat penambahan kasus baru sebanyak 746 orang, kemudian pada Kamis (26/8) turun sebanyak 565 orang, Jumat (27/8) sebanyak 558 orang, dan Sabtu (28/8) di angka 474 orang.
 
Dijelaskannya, penambahan kasus baru Covid-19 pada Minggu kemarin sebanyak 302 orang itu masih disumbang oleh penduduk dari sembilan kabupaten/kota di Provinsi Bali, yakni dengan sebaran dari Kabupaten Jembrana (21 orang), Kabupaten Tabanan (30), Kabupaten Badung (48), Kota Denpasar (89),  Kabupaten Gianyar (41), Kabupaten Bangli (11), Kabupaten Klungkung (8), Kabupaten Karangasem (15), Kabupaten Buleleng (37), dan dua orang dengan domisili dari luar Bali.
 
Menurut Rentin, tren penurunan kasus akibat virus corona jenis baru itu di Provinsi Bali seiring dengan aktifnya Satgas Covid-19 Provinsi Bali dan kabupaten/kota bersama TNI-Polri menggalakkan isolasi terpusat, sehingga secara otomatis semakin sedikit yang melaksanakan isolasi mandiri.
 
Hingga Jumat (27/8) tercatat di Provinsi Bali terdapat 372 tempat isolasi terpusat yang tersebar di sembilan kabupaten/kota dengan kapasitas 6.780 tempat tidur.
 
"Bahkan untuk tempat isolasi terpusat di Grand Inna Bali Beach (GIBB) Sanur, Kota Denpasar itu masyarakat malah berbondong-bondong mau. Terkadang, saya sampai tengah malam bahkan subuh melayani permohonan warga untuk masuk isolasi terpusat GIBB," ucap Rentin yang juga Kalaksa BPBD Provinsi Bali ini.
 
Pada hotel yang berlokasi di kawasan wisata Sanur itu memiliki kapasitas daya tampung untuk 594 orang atau tempat tidur dan untuk hari ini sudah terisi sebanyak 166 tempat tidur.
 
Menurut Rentin, isolasi terpusat di Grand Inna Bali Beach memang dikelola oleh Satgas Denpasar, tetapi kebijakan pembiayaan dari APBD Provinsi Bali.
 
"Bapak Gubernur mengambil kebijakan ini karena kasus di Denpasar tinggi. Demikian juga untuk kabupaten lainnya yang kasusnya tinggi juga isolasi terpusatnya dibiayai APBD Bali seperti Pop Hotel untuk yang warga ber-KTP Tabanan, Fashion Hotel dan Urban Hitz Hotel untuk warga Kabupaten Badung," ucapnya.
 
Rentin mengimbau masyarakat yang menjalani isolasi mandiri agar secara sadar untuk pindah ke isolasi terpusat yang telah disiapkan pemerintah daerah, sehingga pandemi Covid-19 menjadi lebih cepat terkendali.
 
Hingga Minggu ini, jumlah kasus aktif atau pasien positif Covid-19 di Provinsi Bali yang masih dalam perawatan sebanyak 6.933 orang yang dirawat di rumah sakit rujukan, tempat isolasi terpusat, maupun melakukan isolasi mandiri.

Hukum & Kriminal

Terpopuler