Cruise Seven Explores Singgah Lagi di Celukan Bawang | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 02 Maret 2024
Diposting : 6 December 2023 19:06
CHA - Bali Tribune
Bali Tribune / DISINGGAHI - Pelabuhan Celukan Bawang, Gerokgak kembali disinggahi kapal pesiar MS. Seven Seas Explorer pada Rabu (6/12).

balitribune.co.id | SingarajaPelabuhan Celukan Bawang, Gerokgak kembali disinggahi kapal pesiar berukuran besar Rabu (6/12). Kapal pesiar Seven Seas Explorer tiba di Pelabuhan Celukan Bawang pada pukul 07.00 Wita. Kapal yang memiliki GRT (Gross Tonnage) 55.524 Ton dan LOA (Length Over All) 225 meter berbendera Marshall Island ini sandar untuk ke 2 (dua) kalinnya di Pelabuhan Celukan Bawang di tahun 2023 ini.

Seven Seas Explorer tiba di Pelabuhan Celukan Bawang pada pukul 07.00 Wita. Kru kapal dan para penumpang saat turun disambut dengan pengalungan bunga dan Souvenir udeng Bali oleh General Manager Pelabuhan Celukan Bawang, Hadi Sukamto, KSOP Pelabuhan Celukan Bawang I Gusti Komang Agung Arbawa, Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si, Kepala Kantor KKP Pelabuhan Celukan Bawang Travel Agent Intercruises - Shoreside & Port Service™ dan Instansi Terkait.

Selain itu disuguhkan juga atraksi kesenian tarian tradisional dan tari barong dari kelompok kesenian Rare Bengal yang berasal dari Kecamatan Gerokgak. Rencananya kapal berbendera Marshall Island ini akan menginap di Pelabuhan Celukan Bawang semalam sebelum bertolak pada Kamis pukul 18.00 Wita ke Pelabuhan Gilimas Lombok.

General Manager Pelabuhan Celukan Bawang, Hadi Sukamto mengatakan, ia memberikan apresiasi kepada semua pihak karena telah mensupport kegiatan penyadaran kapal cruise di Pelabuhan Celukan Bawang. Ia berharap supporting itu menjadikan Pelabuhan Celukan Bawang menjadi destinasi utama pintu masuk Bali utara.

“Kami berharap sinergitas dari tim yang ada di Pelabuhan ini bisa berkelanjutan dan semoga destinasi secara tidak langsung menambah devisa negara.Sebagai penyedia jasa kepalabuhanan kami ingin maksimal dengan pelayanan agar ke depan lebih banyak kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Celukan Bawang,” imbuhnya.

Menurut GM yang baru bertugas di Pelabuhan Celukan Bawang ini, sepanjang tahun 2023 ada sebanyak 10 kapal cruise yang akan masuk ke Buleleng dan itu katanya salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesiapan penyambutan dan memberikan fasilitas Pelabuhan.

”Dengan bersandarnya kapal dan adanya terminal penumpang yang representatif untuk penumpang kami berharap sinergitas dengan instansi dan pemerintah daerah terus akan berlanjut,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si mengatakan melalui kedatangan kapal pesiar ini kami berharap agar Kabupaten Buleleng semakin dikenal di mancanegara dan para tamu yang merasakan pengalaman berwisata di Kabupaten Buleleng akan bercerita kembali kepada sanak saudara dan rekan di negara mereka.

“Tentu saja kedatangan wisatawan ini akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Buleleng. Kami berharap kedepan akan banyak lagi kapal Pesiar yang akan berlabuh di Buleleng dan menikmati keindahan berbagai destinasi disini,” kata Dody.

Salah satu Wisman kapal Seven Seas Explorer, memberikan apresiasi pelayanan dan penyambutan tarian tradisional yang diberikan oleh Pelabuhan Celukan Bawang terhadap kedatangan kapal pesiar dan tersedianya fasilitas tenda untuk penumpang yang dilengkapi fasilitas free wifi serta toilet yang berada dekat dengan Pelabuhan.