Dan Dua Ventilator Donasi Astra Financial Itu Mendarat ke Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Oktober 2020
Diposting : 19 October 2020 05:47
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ Gubernur Bali, Wayan Koster, menerima sumbangan ventilator dari Astra.
Balitribune.co.id | SEANDAINYA Om William Soeryadija, pendiri Astra masih hidup, tentunya dia akan bangga. Filosofi perusahan "Catur Dharma" dengan salah butir "Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara" benar-benar diejawantahkan Astra Financial (anak perusahan Astra).
 
Dikemas dalam motto "Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri" dan seiring dengan meningkatnya data masyarakat terdampak Covid-19, perusahan terbesar di Indonesia yang memulai bisnis pada tahun 1957, bergerak cepat mendonasikan ventilator (alat bantu pernapasan), salah satu komponen vital dalam menunjang hidup pasien Covid-19 yang tengah dalam kondisi kritis.
 
Donasi pertama diserahkan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebanyak lima unit ventilator -- dua unit dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan tiga unit dari PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra). Berikutnya diserahkan kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, bertempat di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumatera.
 
Penyerahan ketiga telah dilaksanakan di Kantor Walikota Singkawang yang diterima langsung oleh Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie. Penyerahan ventilator keempat diterima langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bertempat di Gedung Negara Pakuan Bandung. Lalu penyerahan kelima diterima langsung oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.
 
Bali jadi provinsi keenam yang mendapatkan bantuan ventilator. Disaksikan Branch Manager FIFGROUP Denpasar, Kunang Satria Wibawa, BM FIFGROUP Denpasar 2, Rinto Friady Daely, BM FIFGROUP Kuta, Agus Wardana, BM Asuransi Astra (AAB) Denpasar, Hilmi Farizan Hakim, BM Astra Credit Company (ACC) Renon, Ari Wiadnyana, Koordinator Wilayah (Korwil) Astra Bali, Ida Bagus Astawa, menyerahkan langsung dua ventilator kepada Gubernur Bali, Wayan Koster.
 
Astawa menuturkan, di tengah kondisi pandemi, ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Dan, Astra Financial benar-benar merasa terpanggil dengan kondisi saat ini. Oleh sebab itu, pihaknya mengupayakan pengadaan ventilator di beberapa provinsi. Bali kebagian dua unit ventilator berasal dari dana sosial syariah PT Federal International Finance (FIFGROUP).
 
Kami berharap Bapak Gubernur bisa menerima dengan baik bantuan Astra Financial ini untuk diserahkan ke rumah sakit yang membutuhkan," kata Astawa. Sejak awal pandemi Covid-19 di Indonesia, Astra Financial juga mendukung program pemerintah untuk membantu para terdampak Covid-19 antara lain memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak mulai bulan April 2020, yaitu 10.000 paket sembako senilai Rp 2 miliar untuk Sumatera Utara.
 
Rincian bantuan yang telah dilakukan oleh Astra Financial yaitu pembagian sembako FIFGROUP dalam rangka turut membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 sebanyak 45.300 paket sembako dengan harga satuan Rp 200 ribu (Rp 9,06 miliar) di 620 titik di seluruh Indonesia dari tanggal 7 April 2020-20 April 2020. Sehingga selama bulan April 2020 saja total paket sembako yang diserahkan Astra Financial sebesar 55.300 paket atau senilai Rp 11,06 miliar.
 
Lima Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial (PT Astra Sedaya Finance, Asuransi Astra Buana, Asuransi Astra dan PT Toyota Astra Financial Services, PT Komatsu Astra Finance, PT Surya Arta Nusantara Finance) secara bertahap menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 12.590 @ Rp 200 ribu (senilai Rp 2,518 miliar).
 
Kemudian, tiga LJK dalam Astra Financial (PT Astra Welab Digital Arta, PT Astra Aviva Live, PT Astra Mitra Ventura) dan PT Serasi Auto Raya juga telah menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di berbagai wilayah, total bantuan sembako seluruh Astra Financial dan SERA per 13 Mei 2020 mencapai 71.260 paket (senilai Rp 14,252 miliar). Selain itu, Astra Financial juga memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) di berbagai Rumah Sakit di beberapa Provinsi.