Danrem Pastikan Penanganan Bencana Alam di Bali Berjalan Baik | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Februari 2023
Diposting : 24 October 2022 13:42
JOK - Bali Tribune
Bali Tribune/ TERPENUHI -- Didampingi para Kasi Kasrem 163/Wira Satya, Dandim 1617/Jembrana, dan Danyon Mekanis 741/GN, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam saat meninjau dapur umum dan lokasi pengungsian serta posko bencana guna meyakinkan persediaan kebutuhan dan pelayanan untuk para korban tersebut terpenuhi.

balitribune.co.id | Denpasar - Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam, memastikan sistem penanganan bencana alam di Bali, baik proses pengamanan lokasi kejadian maupun evakuasi terhadap para korban dapat dilakukan dengan cepat dan semuanya berjalan dengan baik.

Seperti, pasca peristiwa banjir bandang yang mengakibatkan banyak kerusakan di beberapa desa yang berada di wilayah Kabupaten Jembrana dan kabupaten lainnya. Setelah mendapat laporan tersebut, sejumlah prajurit TNI dari Kodim 1617/Jembrana dan Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara (GN) bergerak sigap dan cepat serta turut berjibaku dalam proses pembersihan material sisa banjir.

"Sejumlah personel gabungan dari Kodim 1617/Jembrana dan Yonif Mekanis 741/GN, bersinergi dengan beberapa instansi terkait lainnya dikerahkan sebagai wujud kepedulian tanggap bencana kepada masyarakat, sekaligus membantu membersihkan tumpukan material pohon maupun lumpur yang menutupi badan jalan dan jembatan, juga rumah warga, serta melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian," ujar Danrem, kemarin.

Bahkan Jenderal Choirul Anam, didampingi beberapa Kasi Kasrem 163/Wira Satya juga Dandim 1617/Jembrana sempat meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang di wilayah Kabupaten Jembranan, yang sempat memutuskan jalur utama Denpasar-Gilimanuk, termasuk tempat pengungsian sementara bagi warga setempat.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana, tercatat ada 18 desa terdampak banjir bandang di antaranya, 3.957 Kepala keluarga (KK) terdampak dan 156 rumah terendam banjir, sehingga 56 rumah rusak berat dan 388 rumah rusak ringan.

Sebagai wujud kepedulian dan dukungan moril terhadap para korban bencana banjir bandang. pihak Korem 163/Wira Satya memberikan sejumlah paket sembako untuk membantu meringankan kesulitan mereka. Didampingi Bupati dan Sekda Kabupaten Jembrana,, para Kasi Kasrem 163/Wira Satya, Dandim 1617/Jembrana, dan Danyon Mekanis 741/GN,  Danrem juga meninjau dapur umum dan lokasi pengungsian serta posko bencana guna meyakinkan persediaan kebutuhan dan pelayanan untuk para korban tersebut terpenuhi.

Secara terpisah, saat ditemui di Media Center Korem 163/Wira Satya, di Jalan Melati, Denpasar, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 163/Wira Satya, Kapten Inf Titis Sandi Rahman menjelaskan, dilandasi asas kemanusiaan, kini di setiap satuan komando kewilayaan (satkowil) disiagakan 1 SST (satuan setingkat peleton) pasukan S3B (setiap saat siap bergerak) guna bergerak cepat untuk membantu evakuasi para korban bencana.