Darurat Corona, Ratusan Santri dari Jatim Tiba di Terminal Mengwi | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 27 Oktober 2020
Diposting : 2 April 2020 00:55
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ SANTRI - Rombongan santri dari Jatim tiba di Terminal Mengwi, Badung, Rabu (1/4/2020). Menurut rencana total akan ada tujuh bus santri yang akan turun di terminal tipe A di Bali itu.
Balitribune.co.id | Mangupura - Di tengah masifnya imbauan pemerintah agar warga Bali diam di rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), justru pemandangan berbeda terjadi di Terminal Mengwi, Badung. Ratusan santri dari salah satu pesantren di Jawa Timur berbondong-bondong tiba di terminal terbesar di Bali itu pada Rabu (1/4/2020) sore sekitar pukul 17.30 Wita.
 
Para santri tiba menggunakan bus. Setibanya di areal kedatangan terminal, para santri yang disebut-sebut berasal dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur ini langsung menjalani serangkaian pemeriksaan untuk mencegah virus Corona atau Covid-19. 
 
Informasi yang dihimpun total santri sebanyak 163 orang. Untuk bus pertama tiba sekitar pukul 17.30 Wita mengangkut sebanyak 62 santri. Bus terakhir sekitar pukul 23.00 Wita.
 
Kedatangan para santri ini juga mendapat pengawasan dari aparat kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung dan petugas Terminal Mengwi.
 
“Iya, kami mendapatkan pemberitahuan adanya rombongan kedatangan para santri dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, makanya, kami standby dengan instansi terkait,” ujar Kepala Satpol PP Badung IGAK Suryanegara, Rabu (1/4/2020).
 
Sesuai standard yang telah ditetapkan, para santri setibanya di Terminal Mengwi, langsung menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Barang bawaan santri juga disemprot disinfektan.
 
“Para santri ini juga wajib mengikuti procedur lanjutan. Yakni mengisolasi diri di rumah masing-masing,” katanya.
 
Masa isolasi atau karantina mandiri dilakukan selama 14 hari. Apabila ada keanehan atau sakit, santri diminta langsung menghubungi petugas medis supaya bisa segera diambil tindakan.
 
“Kalau ada gejala sakit, santri ini kami minta menghubungi pos pelayanan kesehatan terdekat untuk ditindaklanjuti,” terang Suryanegara.
 
Sementara, Kepala Terminal Mengwi Cok Agung Suarmaya menyatakan akan ada tujuh bus yang mengangkut rombongan santri dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur tiba di Terminal Mengwi.  Santri laki-laki sebanyak 163 orang. Kemudian untuk tanggal 3 April 2020 nanti yang dijadwalkan tiba adalah santri perempuan, yang terkonfirmasi sebanyak 152 orang.
 
“Iya, ada rombongan santri tiba. Yakni empat bus untuk rombongan santri laki-laki dan tiga bus untuk rombongan santri perempuan. Hanya untuk santri perempuan dijadwalkan pada tanggal 3 April 2020,” katanya.