Dekat dengan RSU Negara, Hotel Jimbarwana Dijadikan Wisma Sementara | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 09 Agustus 2020
Diposting : 2 April 2020 01:03
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ DIPERSIAPKAN - Hotel Jimbarwana mulai dipersiapakan sebagai fasilitas wisma sementara selama penanganan covid-19.
Balitribune.co.id | Negara - Sejumlah fasilitas untuk kesiapsiagaan dan kesiapan menghadapi wabah Covid 19 kini juga dipersiapkan di Jembrana. Setelah RSU Negara ditingkatkan statusnya sebagai rumah sakit rujukan pasien Corona, fasilitas publik lainnya, yakni Hotel Jimbarwana kini juga dipersiapkan sebagai wisma sementara selama masa penanganan Covid-19.
 
Rencana untuk mefungsikan hotel milik Pemkab Jembrana ini terungkap saat rombongan pejabat di Jembrana mendatangi hotel bintang empat tersebut, Rabu (1/4). Setelah mengecek kesiapan ruang isolasi di RSU Negara sebagai salah satu rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 sesuai amanat Gubernur Bali, Bupati Jembrana I Putu Artha langsung  memantau kondisi terkini hotel plat merah yang terletak di Jalan Udayana Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara tersebut.
 
Bupati Artha mengaku Hotel Jimbarwana kini dipersiapkan apabila dibutuhkan sebagai lokasi wisma sementara. Nantinya wisma sementara akan diperuntukkan bagi para tenaga medis yang melakukan penanganan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  ataupun pasien positif Covid-19. Dipilihnya hotel jimbarwana yang notabene hotel aset daerah sebagai lokasi wisma sementara, mempertimbangkan akses yang sangat dekat dengan RSU Negara.
 
Kepala Bappeda Kabupaten Jembrana I Ketut Swijana mengatakan, berdasarkan pengecekan, dari 52 kamar yang tersedia di Hotel Jimbarwana, saat ini sebanyak 34 kamar dinilai layak digunakan sebagai Wisma Sementara. Untuk itu dialokasikan anggaran perbaikan hotel tersebut untuk dipergunakan sebagai wisma sementara tim medis. "Kita siapkan Rp 2,5 miliar dialokasikan untuk kesiapan hotel ini sebagai wisma sementara tim medis," ujarnya.
 
Begitupula dengan RSU Negara sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Bali, lantai 3 gedung interna kini dipersiapkan sebagai ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19 melalui penambahan bed dan alat kesehatan. Dikatakannya, kesiapan fasilitas ini adalah sebagian dari kesiapan dan kesiagaan menghadapi pandemi Corona di Kabupaten Jembrana. Pihaknya mengaku telah menyiapkan anggaran dari hasil penyisiran APBD disetiap OPD untuk semua yang terlibat. “Anggaran juga kita siapkan untuk Kebutuhan Satgas serta intensif bagi semua tim yang terlibat mulai tim medis hingga penjaga di Gilimanuk," ujarnya. 
 
Bupati I Putu Artha memastikan fasilitas yang kini diperispakan baik Hotel Jimbarwana maupun RSU Negara siap saat dibutuhkan. "Kita pastikan hotel ini siap sebagai wisma tim medis agar pelayanan lebih efisien dan cepat, RSU Negara sudah siap sebagai salah satu rumah sakit rujukan sesuai instruksi Gubernur Bali,” tandasnya.