Desa Petang dan Pangsan Jadi Pilot Project Pengolahan Sampah | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 03 Desember 2020
Diposting : 10 July 2017 19:39
I Made Darna - Bali Tribune
Sampah
Ilustrasi Pengolahan Sampah

BALI TRIBUNE - Desa Petang dan Desa Pangsan di Kecamatan Petang diplot menjadi pilot project pengolahan sampah secara mandiri dan professional oleh Pemkab Badung.

Camat Petang IB Nata Manuaba mengatakan, dengan dipilihnya dua desa ini diharapkan bisa menjadi contoh, sehingga kedepannya bisa diikuti oleh desa-desa yang lain dalam pengolahan sampah secara mandiri. Terlebih, sejumlah desa di Kecamatan Petang telah ditetapkan oleh Pemkab Badung sebagai desa wisata. “Kami ingin desa-desa wisata itu mampu mengolah sendiri sampahnya,” ujarnya.

Untuk tahun 2017, pihaknya baru menunjuk dua desa sebagai pilot project. Yakni Desa Petang dan Desa Pangsan. “Kedepan kami akan terus dorong desa yang lain sehingga bisa mengikuti,” kata Nata Manuaba.

Pihaknya juga ingin pengelolaan sampah ini kedepannya bisa lebih profesional, baik itu manajemennya maupun sarana dan prasarana penunjang. “Di dua desa ini pengelolaan sampahnya sudah berjalan cukup baik. Petugas yang mengurus sampah juga sudah sampai ditingkat banjar. Kedepan kita akan terus dorong agar desa ini bisa mandiri, dan sampah dikelola secara professional,” tukasnya.