Desa Wisata Tegalmengkeb, Konsep Pariwisata Kerakyatan | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 16 Oktober 2021
Diposting : 9 October 2021 16:25
RED - Bali Tribune
Bali Tribune /Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya S.E., M.M Serahkan SK Desa Wisatai kepada Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Sabtu (9/10).
balitribune.co.id | Tabanan - Serahkan SK Desa Wisata, Dr. I Komang Gede Sanjaya S.E., M.M Selaku Bupati Tabanan, secara berkelanjutan melakukan program rutinnya berkantor di Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Sabtu (9/10).
 
Memenuhi komitmen untuk lebih dekat dengan masyarakat Tabanan, kali ini Bupati Sanjaya bekerja langsung dari kantor desa Tegalmengkeb, sekaligus memberikan bantuan sembako sebanyak 100 paket kepada masyarakat desa yang kurang mampu dan terdampak Covid-19, serta beragam kegiatan desa utamanya adalah memberikan dan meresmikan SK Desa Wisata, hingga membahas program skala Kabupaten di Desa Tegalmengkeb, Seltim, Tabanan. Bupati Sanjaya didampingi langsung oleh Sekda, Asisten 2, Anggota DPRD, Kadis Pariwisata, Perbekel Desa Tegalmengkeb dan OPD terkait.
 
Kegiatan ngantor di Desa ini mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat Desa Tegalmengkeb. Kedatangan Bupati Sanjaya diterima langsung oleh Perbekel, Bendesa Adat, tokoh masyarakat dan beberapa masyarakat Desa Tegalmengkeb. Nampak juga hadir saat itu Camat Seltim, kepala desa dan unsur Muspika Kecamatan Seltim. Merespon antusias warga, Bupati Sanjaya mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa tersebut.
 
Konsep desa wisata Tegalmengkeb dibentuk dengan pariwisata kerakyatan. Dengan wisata utama pantai plecung dan kerajinan khas yang menjadi kegemaran para wisatawan. Apresiasi luar biasa diberikan Bupati Sanjaya, baginya, suatu gagasan terbentuknya desa wisata di tengah pandemic Covid-19 yang masih melanda, merupakan hal yang menjadi terobosan dan patut menjadi contoh bagi desa lainnya di Tabanan.
 
Desa Wisata Tegalmengkeb juga dibangun Berlandaskan Tri Hita Karana, bagaimana masyarakat harus memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, begitu juga hubungan yang harmonis antar masyarakat dan hubungan yang baik dengan alam lingkungan. “Ketika alam lingkungan ini bisa dijaga oleh masyarakat, saya yakin desa Tegalmengkeb akan menjadi desa yang maju ke depan. Disamping desa ini juga memiliki potensi dan semangat juang masyarakat yang sangat luar biasa, dengan pantai Klecung yang menghasilkan panorama untuk pariwisata, perikanan untuk ekonomi dan perdagangan, lengkap sekali” ujar Sanjaya dalam sambutannya.
 
Rasa bangga disampaikan Sanjaya kepada seluruh pihak yang membantu terbentuknya Desa Wisata ini, sebagai perwujudan desa yang mandiri, di mana seluruh pembangunan yang dirancang, dibangun, dikelola oleh masyarakat hasilnya nanti akan kembali untuk masyarakat. “Tabanan ini memilki karakteristik masyarakat yang etos kerja dan gotong royongnya luar biasa. Kami di Tabanan sudah berkomitmen bagaimana kami membangun Tabanan bukan pariwisata yang sifatnya glamor, tapi pariwisata yang dibangun oleh masyarakatnya itu sendiri dan mandiri. Semua pembangunan yang dilakukan masarakat akan mampu memberikan manfaat kembali pada masyarakat. Dari kita oleh kita untuk kita” ungkapnya.