Dewan Klungkung Kembali Dikuasai PDIP | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 02 Desember 2020
Diposting : 22 April 2019 14:40
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Gusti Lanang Mega Saskara, SH.
balitribune.co.id | Semarapura - Pasca perhelatan Pileg dan Pilpres serentak Rabu 17 April 2019 baru baru ini, hasil Pileg untuk Kabupaten Klungkung benar benar hasilnya mencengangkan. Karena sesuai prediksi sumber di internal  KPU Klungkung menyebutkan hampir pasti personel DPRD Klungkung masa bakti 2019 – 2024 ini bakal diisi banyak pendatang baru alias New Comer. 
 
Yang menarik peta politik Klungkung kembali dikuasai oleh Partai PDI.P Klungkung yang menggeser rival bebuyutannya Partai Gerindra.  Dari hitungan di lapangan diketahui Partai PDI.P menguasai 10 kursi,sedangkan Gerindra 8 kursi,sementara Partai Golkar ,Hanura dan Nasdem kebagian sama sama 3 kursi,sementara Partai Demokrat kuasai 2 kursi dan Perindo 1 kursi.
 
Dari bocoran yang dihimpun diketahui sekitar 14 wajah baru  New Comer bakal mengganti calon anggota DPRD Klungkung incumbent yang terpental dari  sebanyak 30 anggota. Berarti sekitar hampir setengah sekitar 17 orang anggota Incumbent DPRD Klungkung yang masih bertahan. Sisanya diketahui telah rontok karena anjlognya perolehan suara dibasis masa mereka.
 
Yang menarik adalah Come Back nya mantan dedengkot Partai hanura yang kini melompat dikubu Partai Nasdem yaitu sosok Putu Tika Winawan. Dimana kemunculannya diprediksi bakal jadi kuda hitam menyalip Ketua Partainya sendiri Ketut Sukma Sucita. Menurut  sumber bocoran menyebutkan  rupanya secara ketat diketahui hasilnya Putu Tika Winawan berhasil menyodok  Seniornya di Nasdem dengan kehadirannya di Dewan anyar nantinya.Sumber memastikan itu benar terjadi, kecuali ada mukjizat lainnya sehingga Putu Tika batal duduk dikursi Dewan.
 
Penomena  menarik lainnya adanya persaingan ketat antara Nengah Mudiana dengan  Komang Suantara di kubu Partai Gerindra untuk merebut kursi DPRD Klungkung. Komang Suantara diketahui  sempat terlempar dari percaturan,namun setelah adanya perhitungan ketat per TPS di semua desa akhirnya diketahui namany kembali berkibar  ikut menyusul Nengah Mudiana  hadir kembali di Dewan Klungkung berikutnya. Sumber menyebutkan itu prediksi hasil perhitungan yang ketat dari penghitunganm suara di TPS seluruh Desa.
 
”Itu prediksi semua nama nama sementara yang akan melenggang ke kursi Dewan Klungkung, perolehan dari perhitungan di PPK masing masing. Untuk pastinya menunggu sidang pleno resmi KPU Klungkung,” ujar sumber di Kecamatan yang minta namanya jangan ditulis. 
 
Namun kepastian terpilihnya mereka semua tergantung hasil pleno yang akan digelar PPK Kecamatan masing masing dan di Pleno KPU KLungkung nanti. Hal itu ditegaskan oleh Ketua KPUD Klungkung Gusti Lanang Mega Saskara,SH Minggu(21/4/2019). “ Semua masih prediksi semua memungkinkan jadi belum ada yang pasti sebelum sidang pleno dari PPK masing masing yang digelar nanti,”terangnya.
 
Menurutnya saat ini sudah menginjak tahapan pra rekap, dimasing masing PPK. “Untuk penghitungannya  di tiga  kecamatan dilaksanakan dari Tanggal  21 sampai  25 April , itu untuk PPK di dawan, nusa penida dan banjarngkan. Sedangkan untuk Klungkung dilaksanakan  22 sampai 27 april 2019 nanti. Jadi untuk hasil sementara prediksi susunan anggota Dewan KLungkung belum bisa memastikan seperti apa gambarannya,” ujarnya tegas.