Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Di Badung Masuk Objek Wisata Bakal Pakai e-Tiket

Bali Tribune/ E-TIKET - Pintu masuk objek wisata Taman Ayun, untuk masuk kini wisatawan menggunakan e-tiket.
balitribune.co.id | Mangupura - Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata akan menerapkan elektronik tiket (e-tiket) untuk masuk ke objek-objek wisata di Kabupaten Badung. Tiket berbasis online tersebut rencananya akan diterapkan di delapan objek wisata dulu. Seperti di Pantai Pandawa, Uluwatu, Labuan Sait, Taman Ayun, Sangeh, Punggul,  Nungnung dan Pangsan. 
 
“e-tiket yang kami rancang sementara akan diterapkan di delapan objek wisata dulu,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra, Rabu (8/1/2020).
 
Dengan e-tiket ini, kata dia, maka pengunjung masuk tidak lagi menggunakan karcis berbentuk kertas tetapi menggunakan sistem tiket elektronik yang berbasis QRIS yang dirancang oleh BI. Karena QRIS ini dapat menerima pembayaran dari semua jenis aplikasi pembayaran elektronik. Pengunjung bisa langsung membeli tiket secara online dan tinggal scan barcode, mereka bisa masuk ke objek wisata dituju.
 
“Perantinya sudah dirancang dan kita sudah kerja sama. Mudah-mudahan bulan Januari 2020 ini kita bisa laksanakan,” kata pejabat asal Kuta ini.
 
Adapun keuntungan menggunakan e-tiket ini  yakni dapat mengurangi kebocoran dalam akuntabilitas dan transparansi penerapan retribusi secara online. Pemerintah punya punya big data secara elektronik. “Yang jelas ini (e-tiket) sangat bagus,” imbuhnya.
 
Untuk penerapan tiket berbasis IT ini, Badra menyebut akan memberikan pendampingan kepada pengelola delapan objek wisata di Badung.
 
“Nanti ada pendampingan semacam training lah. Karena belum 100 persen destinasi pengelolanya paham e-tiket,” katanya.
 
Selain tiket masuk memakai sistem e-tiket, program Dinas Pariwisata juga akan memakai sistem digital. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi secara online. Selain promosi pariwisata juga membuat media sosial untuk promosi secara digital. “Kita juga kerja sama dengan Bank Indonesia (BI), BPD membuat aplikasi bernama Bali App, ini untuk merekam mengenai data, terutama untuk delapan DTW di Badung,” pungkasnya.
wartawan
I Made Darna
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.