Diguyur Hujan, Senderan Jalan di Temakung Longsor | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Desember 2021
Diposting : 4 February 2021 14:35
Husaen - Bali Tribune
Bali Tribune/MENGECEK - Petugas BPBD Karangasem mengecek badan jalan yang longsor di Banjar Temakubg, Desa Ban, Kecamatan Kubu.
balitribune.co.id | Amlapura - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Kubu, Karangasem, mengakibatkan senderan  badan jalan di Banjar Dinas Temakung, Desa Ban, longsor, Rabu (3/2/2021), petugas dari BPBD Karangasem telah melakukan assesment serta pendataan kondisi badan jalan yang longsor tersebut.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebelumnya memang terjadi hujan lebat di wilayah Kecamatan Kubu selama seharian penuh. Dan pada Selasa (2/2/2021) sekitar pukul 18.00 Wita, warga yang tinggal di dekat lokasi kejadian dikagetkan dengan suara gemuruh, yang setelah diperiksa ternyata bahu jalan utama di dusun tersebut longsor.
 
Karena hujan lebat, kejadian longsor tersebut baru dilaporkan pada keesokan harinya. "Baru dilaporkan hari ini, dan saya bersama anggota langsung menuju kelokasi kejadian untuk mengecek dan mendata kerusakan sekaligus melakukan assesment," ucap Ida Bagus Ketut Arimbawa, Kepala Pelaksana, BPBD Karangasem. 
 
Selain BPBD Karangasem, petugas dari Pengamat Jalan, Bina Marga, dan petugas dari Babinkamtibmas setempat juga telah melakukan pengecekan dan pendataan kerusakan. Disebutkan Arimbawa, selain akibat hujan lebat, di bawah senderan badan jalan itu juga ada pembangunan lapangan volly oleh muda mudi setempat, sehingga tidak ada kemiringan. "Kemungkinan ini juga yang menyebabkan badan jalan tergerus ditambah situasi hujan belakangan hari ini," sebutnya.
 
Ia menambahkan, ketinggian senderan yang longsor tersebut sekitar 10 meter, dengan panjang kurang lebih 15 Meter. "Untuk antisipasi bahaya, sementara diareal yang longsor sudah dipasangi rambu jalan agar masyarakat yang melintas lebih berhati hati," tutupnya.