Dipastikan Seluruh Lulusan SD/SMP Tertampung | Bali Tribune
Diposting : 11 June 2021 06:28
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune/ Dewa Agung Putu Purnama.
balitribune.co.id | Bangli  - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli memastikan lulusan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) tertampung di sekolah-sekolah yang ada di Bangli. Sekolah yang ada memadai untuk menerima lulusan tahun ini.
 
Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, Dewa Agung Putu Purnama mengatakan siswa yang lulus tahun ini dipastikan  mendapat sekolah. Pasalnya rasio jumlah siswa yang lulus dengan ketersediaan sekolah sangat memadai. “Kami jamin tidak  ada siswa idak dapat sekolah. Baik lulus SD hendak melanjutkan ke SMP ataupun lulusan SMP yang hendak melanjutkan ke jenjang SMA/SMK,"  jelasnya, Kamis (10/6/2021). 
 
Menurut Agung Purnama, lulusan siswa SMP tahun ini sebanyak 3.539 orang. Jumlah tersebut tersebar di 28 sekolah. "Untuk siswa SMP lulus 100 persen. Pengumuman kelulusan telah dilaksanakan. Sementara untuk siswa SD menyusul besok (Jumat)," ungkap mantan Camat Tembuku ini. 
 
Sementara untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kata pejabat asal Desa Kayubihi, Bangli ini untuk PPDB tingkat SMP, lewat  beberapa jalur pendaftaran. PPDB dibuka lewat jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali siswa. "Masing-masing jalur ada kuotanya, untuk zonasi sebanyak 70 persen, prestasi 10 persen, dan afirmasi 15 persen  serta 5 persen untuk  perpindahan tugas orang tua,"  ujarnya. 
 
Menurutnya, saat ini tidak ada lagi yang nama sekolah favorit. Sekolah sudah merata, dengan begitu siswa yang akan melanjutkan ke jenjang SMP mendapat layanan yang sama. ”Walaupun tidak masuk jalur zonasi, siswa dapat mendaftar dari jalur prestasi untuk bisa mendaftar di sekolah yang diinginkan," ujarnya. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler