Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Pastikan Peran Agen BRILink | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 27 November 2021
Diposting : 24 October 2021 09:40
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune
balitribune.co.id | Denpasar – Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Arief Witjaksono Juwono Putro melakukan kunjungan lapangan ke salah satu Gerai BRILink Ni Ketut Suandini yang ada di wilayah Kota Denpasar. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pembayaran iuran peserta JKN-KIS melalui Agen BRILink dapat berjalan dengan baik.
 
"Peran sektor perbankan sangat memberikan pengaruh besar bagi peserta dalam melakukan pembayaran iuran JKN-KIS. Dengan kondisi demografi masyarakat yang beragam, hal tersebut membuat peserta bisa merasa kesulitan saat ingin membayar iuran kepesertaan. Namun, dengan adanya Agen BRILink yang hadir di tengah-tengah masyarakat, hal ni bisa memberikan kemudahan dan memperluas kanal pembayaran bagi peserta untuk membayar iuran JKN-KIS," kata Arief, Jumat (22/10).
 
Arief menjelaskan, dalam pelaksanaan tugasnya, Agen BRILink dapat melayani peserta JKN-KIS secara realtime online melalui mesin EDC BRI ataupun menggunakaan aplikasi BRILink Mobile. Kehadiran Agen BRILink yang menyebar luas dan menjangkau wilayah perkotaan hingga pedesaaan, sangat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya peserta JKN-KIS dalam membayar kewajiban iurannya.
 
"Melalui Agen BRILink ini, BPJS Kesehatan juga secara aktif terus menginformasikan kepada masyarakat terkait kemudahan dalam pembayaran iuran kepesertaan. Hingga saat ini, agen BRILink di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Denpasar yang tersebar di Kota Denpasar, Kabupaten Badung dan Kabupaten Tabanan terdapat 930 agen BRIlink dari 1.877 agen BRIlink di Bali. Harapannya, dengan tersebarnya agen BRILink ini bisa memberikan kemudahan pembayaran iuran peserta dan meningkatkan kolektabilitas iuran peserta JKN-KIS, khususnya segmen peserta mandiri," kata Arief.
 
Dalam kunjungannya tersebut, Arief berkesempatan mewawancarai salah satu pemilik gerai BRILink, Suandini. Suandini mengatakan bahwa yang datang ke gerai BRIlink miliknya rata-rata datang untuk membayar iuran JKN-KIS setiap bulan.
 
"Saya sudah menjadi agen BRILink sejak tahun 2013. Rata-rata, masyarakat sering memanfaatkan agen BRILink ini untuk melakukan pembayaran iuran bagi peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri. Saya sangat senang dan bersemangat dalam menjalani peran sebagai agen BRILink, karena dapat membantu masyarakat untuk memnuhi kebutuhannya," kata Suandini.
 
Selain itu, Suandini juga mengaku telah terdaftar sebagai peserta JKN KIS dan selalu rutin membayarkan iuran setiap bulan. “Semoga Program JKN-KIS ini akan terus berkesinambungan dan kemampuan untuk membayar iuran dari masyarakat kian meningkat,” tutupnya kepada tim Jamkesnews.

Hukum & Kriminal

Terpopuler