Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Dishub Tabanan Bantah Mesin E-Parking di Pasar Kediri Mati

MATI - Salah satu warga yang mau menggunakan mesin e-parking seri 015, namun kondisinya mati.

BALI TRIBUNE - Penerapan sistem parkir elektronik yang baru-baru dilakukan di Tabanan memang sejak awal menuai pro dan kontra. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat sudah mulai akrab dengan sistem tersebut. Sayangnya permasalahan teknis mulai terjadi, di antaranya adalah matinya mesin e-parking yang terpasang di depan Pasar Kediri atau tepatnya di di Jalan Tamrin. Dari pantauan di lapangan, Rabu (8/8), ada empat mesin e-parking yang terpasang, namun ada dua yang dalam kondisinya mati, yakni satu mesin yang ada di depan Toko Nyoman dan satunya lagi berada di depan UD Setia Ternak. Namun satu mesin yang ada di depan Toko Nyoman sudah diperbaiki oleh petugas. Dimana satu unit mesin e-parking yang di bandrol Rp 122,5 juta ini didatangkan dari Swedia dengan merk Cale. Mesin tersebut menggunakan solar cell. Sehingga dari 15 mesin e-parking yang telah terpasang disejumlah titik di Tabanan, Pemkab Tabanan menghabiskan dana Rp 1,8 Miliar. Salah seorang sumber di lapangan menyebutkan, mesin e-parking di depan Toko Nyoman bernomor seri 013, Rabu pagi sudah diperbaiki oleh petugas karena mengalami low batery. Namun satu unit mesin yang ada di depan UD Setia Ternak bernomor seri 015 kondisinya tidak mau hidup dan tidak muncul tulisan di layar. "Kalau mesin yang ini mati sudah sekitar satu bulan," ujar sumber yang enggan dikorankan namanya. Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Tabanan I Made Agus Harta Wiguna membantah kalau mesin e-parking 015, yang dipasang di depan UD Setia Ternak rusak atau mati. Namun mesin tersebut sengaja tidak diaktifkan. Di awal launching mesin tersebut sempat diaktifkan, namun karena ruang parkirnya dominan digunakan parkir oleh kendaraan UD Setia Ternak, maka mesin tersebut dinonaktifkan karena dianggap tidak efektif. ”Memang sempat digunakan, hanya saja mesin 015 belum kami efektifkan," katanya.  Belum diefektifkan karena untuk penerapan e-parkir di bulan pertama dan bulan kedua dari sejak launcing memaksimalkan peran petugas parkir dalam membantu mengarahkan masyarakat untuk menuju ke mesin parkir dan juga membantu tapping pada mesin parkir yang volume kendaraanya tinggi. "Ya sementara belum efektif kami pasang disana, jadi kami fokus pelayanan dan prioritaskan di ketiga mesin yaitu 012,013,014 selain yang 015. Jika kondisi masyarakat sudah mulai efektif tapping sendiri kami akan fokuskan disana," tegas Harta Wiguna.  Dirinya menambahkan untuk mengajak masyarakat menggunakan e-parkir pihaknya sudah memasang banner di tempat e-parkir dipasang. Dengan tujuan agar masyarakat mau merubah kebiasaan. "Jika selama ini mereka kan parkir langsung ke tujuan pulangnya baru bayar. Tetapi sekarang kebiasaan ini harus diubah parkir kendaraan langsung ke mesin parkir bayar baru belanja," terangnya.  

wartawan
Komang Arta Jingga
Category

Pemkot Denpasar Komitmen Dukung Percepatan Pelaksanaan Kopdes/Kelurahan Merah Putih

balitribune.co.id | Denpasar - Pemerintah Kota Denpasar menegaskan komitmennya dalam mendukung percepatan pelaksanaan Koperasi Desa/Kelurahan (Kopdes/Kel) Merah Putih yang menjadi program strategis pemerintah pusat. Komitmen tersebut ditunjukkan melalui kehadiran Pj. Sekda Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya, pada kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif yang diselenggarakan Kodam IX/Udayana, Kamis (11/12) di Aula Supardi Makodam IX/Udayana.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Ulat Bulu Kembali Serbu Pohon Kenanga dan Rumah Warga di Lingkungan Serongga

balitribune.co.id | Gianyar - Sempat mereda dalam dua tahun, ulat bulu yang mengerubuti pohon Kenanga hingga ke lingkungan rumah kembali resahkan warga Banjar Serongga Tengah, Desa Serongga, Gianyar. Perkembang biakan yang sangat pesat dirasakan warga dalam sepekan terakhir, dan  kini terus membiak.

Baca Selengkapnya icon click

Naru 2025/2026 Telkomsel Menghadirkan Jaringan Andal

balitribune.co.id | Gianyar - Menyambut momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Naru), Telkomsel menghadirkan jaringan yang andal, layanan pelanggan yang mudah dijangkau, serta ragam produk dan penawaran spesial untuk mendukung pengalaman digital terbaik bagi masyarakat Indonesia. Telkomsel memprediksi lonjakan trafik data selama periode Naru 2025/2026, terutama untuk layanan video streaming, sosial media, dan online gaming.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Sambut Libur Nataru 2026 Danamon Tawarkan Promo Menarik

balitribune.co.id | Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”), sebagai bank yang memahami kebutuhan nasabahnya, hadir sebagai penyedia solusi finansial melalui beragam program dan promo menarik untuk mendukung kebutuhan finansial masyarakat selama periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2026) agar #LiburanLebihBerbeda.

Baca Selengkapnya icon click

Tol Gilimanuk-Mengwi Kian tak Jelas, Forum Perbekel Pertanyakan Kelanjutannya

balitribune.co.id | Tabanan - Pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi hingga kini masih belum jelas nasibnya, kendati sudah masuk ke dalam Program Strategis Nasional (PSN). Padahal, proses penyiapan lahan untuk jalan bebas hambatan yang membentang di Kabupaten Jembrana, Tabanan, dan Badung itu sudah berlangsung sejak empat tahun lalu.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.