Diskes Lakukan Penjajakan Untuk Lahan Puskesmas Bangli | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Desember 2020
Diposting : 18 June 2020 22:48
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ dr I Nengah Nadi.
Balitribune.co.id | Bangli - Dinas Kesehatan (Diskes) Bangli sedang melakukan penjajakan untuk pengadaan lahan Puskesmas Bangli. Penjajakan lahan baru dilakukan karena selain luas lahan Puskesmas Bangli yang berdiri di sebelah timur lapangan Kilobar, Desa Tamanbali saat ini kurang luas juga tidak diperkenankan bangunannya berlantai.
 
Kepala Dinas Kesehatan Bangli dr I Nengah Nadi mengatakan hampir seluruhnya   bangunan untuk gedung  Puskesmas di Bangli  berlantai. Untuk tahun ini tiga Puskesmas yakni  Puskesmas Tembuku II di Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Puskesmas VI di Desa Bayung Gede Kecamatan Kintamani dan Puskesmas Bangli Utara di Desa Pengotan, Kecamatan Bangli di renovasi dan untuk struktur bangunan gedung berlantai.”Untuk Puskesmas Bangli, kami menghadapi kendala terkait luas lahan dan juga keberadaan Puskesmas dekat dengan tempat suci dan situs sehingga oleh pihak adat setempat tidak diperkenan banguanan Puskesmas berlantai,” jelasnya, Kamis (18/6).
 
Kata Kadis asal karangasem ini mengacu Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas diatur secara mendetail terkait ketersedian  ruangan yang harus terpenuhi dari sebuah Puskesmas yang nota bene sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat. “Untuk Puskesmas Bangli masih membutuhkan ruangan lagi,” jelas Nengah Nadi.
 
Menyikapi kondisi tersebut pihaknya sedang melakukan penjajakan terkait lahan baru untuk Puskesmas Bangli. Tentu untuk lahan lokasinya harus mudah di akses masyarakat. “Kami sudah perintahkan Kepala Puskesmas Bangli melakukan penjajakan terkait lahan, memang  dari laporan yang kami terima sedang dilakukan penjajakan untuk lahan milik KUD Tamanbali,” jelas Nengah Nadi seraya menambahkan untuk luas areal yang dibutuhkan minimal 20 are.