Dompet Digital Permudah Proses Pengembalian Dana Pemesanan Kamar Hotel | Bali Tribune
Diposting : 6 October 2020 20:22
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / Pengecekan suhu tubuh merupakan salah satu protokol kesehatan yang diterapkan di hotel
balitribune.co.id | DenpasarJaringan hotel di Indonesia memberikan fasilitas pembayaran pemesanan kamar hotel yang dipesan di aplikasi menggunakan transaksi elektronik dengan dompet digital (e-wallet). Selain mempermudah pembayaran dan proses refund bagi tamu, layanan ini sekaligus memperkuat penerapan protokol kesehatan di ekosistem jaringan hotel melalui digitalisasi, sehingga mengurangi kontak fisik. 
 
Country Head jaringan hotel, Agus Hartono Wijaya menyampaikan integrasi fitur e-wallet ini untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para tamu di Indonesia. Sebagai jaringan akomodasi yang menggunakan pendekatan teknologi sebagai DNA perusahaan, pihaknya juga secara proaktif berinovasi untuk mendigitalisasi pengalaman menginap para tamu, terlebih ditengah pandemi saat ini. 
 
"Hadirnya e-wallet ini diharapkan dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses refund dan pembayaran, serta mengurangi kontak fisik pada point-of-purchase yang biasanya dilakukan di meja resepsionis hotel saat bertransaksi,”terang Agus dalam siaran persnya Selasa (6/10). 
 
Layanan e-wallet ini bisa digunakan sebagai metode pembayaran serta pengajuan refund melalui aplikasi. Setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan di aplikasi, tamu akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit/kredit, atau e-wallet. 
 
Sementara itu untuk proses refund, tamu akan menerima konfirmasi melalui email setelah mengajukan proses refund. Kemudian tamu dapat mengakses link yang ada di email tersebut untuk mengisi detail pemesanan seperti booking id, email, dan nomor telepon. Kemudian, tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Setelah mengisi data, jaringan hotel akan segera memproses permintaan tersebut.
 
Integrasi sistem pembayaran ini juga turut hadir sebagai inisiatif lanjutan dari Sanitized Stay. "Komitmen jangka panjang jaringan hotel dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out. Melalui digitalisasi sistem pembayaran ditambah dengan fitur contactless check-in yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu, memungkinkan tamu dapat melakukan seluruh proses pemesanan kamar, check-in dan pembayaran dengan lebih seamless melalui perangkat pintar mereka, tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf hotel," beber Agus.
 
Kata dia, adanya peraturan pembatasan wilayah yang dilakukan pemerintah saat awal masa pandemi berdampak pada peningkatan permintaan pengembalian dana. Adapun beberapa hal yang menghambat proses pengembalian dana, seperti data pelanggan yang tercantum tidak akurat seperti email yang tidak lengkap, nomor telepon dan/atau detail rekening bank yang diberikan tidak tepat. Sehingga, melalui integrasi sistem pembayaran dengan e-wallet, jaringan hotel menargetkan proses pembayaran refund konsumen dapat dilakukan secara lebih mudah dan terselesaikan dalam jangka waktu paling lama 1 minggu.