Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Dukcapil Jemput Bola Layani Adminduk Disabilitas

Bali Tribune/ PELAYANAN - Kepala Disdukcapil saat pelayanan Adminduk Disabelitas di SLB N I Gianyar.



balitribune.co.id | Gianyar - Puluhan Siswa-siswi penyandang disabilitas yang masih mengenyam pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri I Gianyar, menunjukkan kegembiraannya setelah mendapatkan  Kartu Identitas Anak (KIA). Dari pelayanan jemput bola yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Gianyar, Selasa (29/3/2022), 44 anak sudah mendapatkan KIA dan sisanya menyusul saat perekaman KTP-el bagi siswa di atas usia 17 tahun.

Kepala Disdukcapil Gianyar Cokorda Gde Agusnawa mengungkapkan, kegiatan ini merupakan wujud keseriusan Pemkab Gianyar dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan,  khususnya penyandang disabelitas. Dalam kegiatan ini dari jumlah 323 siswa di SDLB N I Gianyar baru 44 orang yang mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA). "Sebagian lainnya akan kami serahkan saat perekaman KTP-el bagi siswa yang sudah 17 tahun," ungkapnya.

Lanjutnya, dalam pelayanan untuk disabelitas ini, pihaknya memberikan kemudahan pelayanan yang berkualitas terkait proses penerbitan dokumen kependudukan. Diantaranya,  pelayanan jemput bola untuk melayani proses perekaman dan penerbitan adminduk. "Di tengah keterbatasan yang dialaminya, kaum difabel tidak harus datang ke kantor dinas Dukcapil. Target kami, semua warga difabel memiliki dokumen kependudukan seperti KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA)," ujarnya.

Untuk selanjutnya, para  penyandang disabilitas boleh dintempat-tempat tertentu seperti Yayasan, dan sejenjisnya. Tinggal dikumpulkan di tempat tertentu atau di rumah masing-masing. "Silakan dari pengurus Yayasan berkoordinasi ke kami. Pelayanan program jemput bola kami fokuskan unyuk menghindari antrean panjang bagi penyandang disabilitas. Soal tempat dan waktu harus dikoordinasikan dulu, jelasnya.

Juga ditegaskan, dokumen kependudukan yang sudah dikantongi  akan memudahkan kaum disabilitas mengakses berbagai pelayanan publik   Dengan dokumen kependudukan itu, penyandang disabilitas sudah diberlakukan sama seperti penduduk Indonesia pada umumnya. “Memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas memang tidak mudah. Diperlukan ketekunan, kesabaran, kasih sayang dan empati. Tak sampai di situ, dukungan semua pihak juga diperlukan untuk pelayanan kepada mereka," tandasnya.

wartawan
ATA
Category

Tragedi di Tukad Unda, Niat Menolong Remaja Tenggelam, Seorang Pria Turut Menjadi Korban

balitribune.co.id | Semarapura - Peristiwa tragis terjadi di pusaran aliran air bendungan Sungai (Tukad) Yeh Unda, Desa Paksebali, Klungkung, pada Minggu (21/12). Dua orang dilaporkan tewas setelah terseret arus dan tenggelam di lokasi tersebut.

Baca Selengkapnya icon click

Bantu Ringankan Beban Korban Bencana Sumatra, Suzuki Salurkan Donasi Rp300 Juta

balitribune.co.id | Jakarta - Bencana Alam banjir dan tanah longsor yang Provinsi Aceh, Sumatera Utara hingga Sumatera Barat menimbulkan kebutuhan esensial untuk pertahanan hidup sehari-hari. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendonasikan bantuan dalam bentuk dana finansial melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) . 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Giat Perempuan Astra di Hari Ibu, Dukung Pemberdayaan Perempuan Pesisir di Muara Angke

balitribune.co.id | Jakarta - Perempuan Astra turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Bakti Sosial Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-97 Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kementerian PPPA RI) Perempuan Astra menyalurkan bantuan berupa ratusan paket sembako bagi masyarakat pesisir Muara Angke.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Lonjakan Wisatawan Nataru, ITDC  Siapkan Manajemen Risiko

balitribune.co.id | Mangupura - Menyambut lonjakan wisatawan pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, InJourney bersama InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan kesiapan menyeluruh melalui penguatan manajemen risiko dan kesiapan operasional serta pelayanan prima di tiga kawasan pariwisata yang dikelola, yakni The Nusa Dua, The Mandalika, dan The Golo Mori.

Baca Selengkapnya icon click

Kajari Edi Irasan: Kasus Perbekel Sudaji, On Proses

balitribune.co.id | Singaraja - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Buleleng Edi Irsan Kurniawan mengatakan kasus dugaan korupsi dana desa dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) di Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Buleleng, dengan terlapor Perbekel I Made Ngurah Fajar Kurniawan, on proses. Kepastian itu ia sampaikan untuk merespon tudingan masyarakat yang menyebut kasus tersebut mandeg.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.