Dukung Keselamatan di Jalan Raya, AHM Perkenalkan Pusat Pelatihan Berkendara | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 23 Oktober 2020
Diposting : 25 August 2020 23:49
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ KOMIT - AHMSRTC memperkuat komitmen perusahaan dalam kampanye keselamatan berkendara untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman berkendara di tengah masyarakat.
Balitribune.co.id |  PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan pusat pelatihan berkendara Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) yang berada di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC) Blok DD No 01 Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Fasilitas ini memperkuat komitmen perusahaan dalam kampanye keselamatan berkendara untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman berkendara di tengah masyarakat.
 
AHM Safety Riding Park (AHMSRP) yang menjadi bagian dari AHMSRTC ini merupakan pusat pelatihan safety riding Honda terbesar di kawasan Asia Tenggara yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pemahaman keselamatan di jalan dan keterampilan berkendara. Dibangun di atas lahan 8,5 hektar, fasilitas terbaru ini mampu menampung 15 ribu orang untuk latihan berkendara setiap tahun lengkap dengan berbagai sarana dan fasilitas edukasi. Bangunan ini memiliki fasilitas fungsional seperti ruang multifungsi, ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, sarana olahraga serta ruangan penunjang lainnya.
 
Selain fasilitas bangunan, pusat pelatihan berkendara milik Honda ini juga dilengkapi dengan safety riding course yang dibekali dengan karakter kontur jalan yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, baik kondisi jalannan beraspal maupun kondisi jalan offroad. Berdiri di atas lahan empat hektar, area ini digunakan untuk pelatihan berkendara sepeda motor yang aman, seperti teknik pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun, serta teknik memprediksi bahaya.
 
AHMSRP juga dilengkapi Kids Traffic Park yang dapat menampung pelatihan terhadap 2 ribu anak setiap tahun. Melalui edukasi sejak usia dini, anak-anak diajarkan untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas yang ada, cara menyebrang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan, dan cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang tersedia. Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, mengatakan, pusat pelatihan keselamatan berkendara yang dibangun Honda ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam meningkatkan budaya keselamatan berkendara di Indonesia.
 
"Kami mendesain AHMSRTC ini sebagai fasilitas yang dapat memberikan pengalaman berlatih berkendara aman yang menyenangkan, aman, dan nyaman. Fasilitas ini dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar keterampilan berkendara, baik di jalan raya maupun di kondisi jalan offroad," ujarnya. Executive Vice Presiden Direktur AHM, Johannes Loman, mengatakan, AHMSRTC ini melengkapi berbagai kegiatan pelatihan berkendara yang telah dilakukan AHM bersama jaringan main dealer di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan pemerintah, kepolisian, sekolah, institusi, maupun komunitas masyarakat.
 
"Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan bersama para pamangku kepentingan di bidang safety riding. Kami ingin fasilitasi ini menjadi kawah candradimuka bagi mereka yang menempatkan keselamatan berkendara sebagai budaya bersama bangsa," ujar Loman. AHMSRTC dapat digunakan masyarakat umum untuk belajar mengenai keselamatan berkendara. Beragam kegiatan edukasi pelatihan safety riding yang disiapkan dan dilaksanakan di fasilitas AHMSRP ini akan dibuka dengan menyesuaikan protokol kesehatan.
 
Konsisten 18 Tahun
Dalam kurun 18 tahun, AHM bersama jaringan main dealer Honda konsisten menggulirkan berbagai program kampanye keselamatan berkendara di Tanah Air. Seperti melalui Honda Safety Riding Festival, Kampung Safety Riding, Taman Lalu Lintas, Safety Riding Lab di sekolah, pembentukan duta Safety Riding, lomba kampanye keselamatan berlalu lintas di media sosial, dan lain-lain. Kegiatan ini didukung 159 instruktur safety riding dan 940 unit Honda Riding Trainer sebagai alat simulasi berkendara yang tersebar di seluruh jaringan distribusi main dealer sepeda motor Honda yang telah diutilisasi oleh lebih dari 20 juta masyarakat.
 
Selain itu, AHM pun terus memperkuat kampanye keselamatan berkendara dengan pendekatan khas anak muda melalui tagline #Cari_Aman yang menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda agar dapat meningkatkan minat dan komitmen mereka dalam menjaga keselamatan selama mengendarai kendaraan bermotor. Melalui keseruan bahasa anak muda, kampanye #Cari_Aman yang didengungkan diharapkan mampu menjadi inspirasi sekaligus berkontribusinya generasi muda dalam mewujudkan keselamatan berkendara pada aktivitas keseharian untuk mencapai mimpi terbaik mereka.