Dukung Usaha Tenun Lokal, PLN Bantu Pengrajin Tenun Tebusalah Bali | Bali Tribune
Diposting : 29 June 2022 19:25
ARW - Bali Tribune
Bali Tribune / PLN TJSL - UKM Tenun Tebusalah di Seririt, Buleleng merupakan salah satu UKM yang berkecimpung di bidang tenun.
balitribune.co.d |  - Menjadi binaan PLN melalui PLN UIP JBTB sejak tahun 2021, sebagai wujud kepedulian PLN terhadap masyarakat serta dengan semangat “community empowering”, PLN melalui program PLN Peduli kerap membantu usaha masyarakat ini di tahun keduanya di tahun 2022 ini. 
 
Setelah tahun pertama PLN membantu alat tenun beserta peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya, tahun ini PLN akan membantu kebutuhan Komunitas Tenun Tebusalah di area pengembangan pemasaran. Kegiatan TJSL yang dipedomani ISO 26000 ini kembali menyentuh pengembangan usaha mikro dan kecil. Diharapkan dengan kiprah PLN Peduli di Indonesia dapat berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang lebih dikenal dengan Sustainable Development Goals.
 
Ketua Komunitas Tenun Tebusalah, Ni Nyoman Sugiartini menyatakan apresiasi terhadap PLN atas bantuan dan pembinaan selama 2 tahun terakhir. Lebih lanjut Ni Nyoman Sugiartini menyampaikan bahwa dengan bantuan dari PLN, Usaha Tenun Tebusalah memasuki babak baru. Banyak hal yang dapat dikembangkan dan diraih dengan hasil yang berdampak untuk kemajuan usaha tenun ini. 
 
“Astungkara kami sangat terbantu dengan Bantuan PLN melalui PLN Peduli. Selama 2 tahun terakhir banyak perkembangan yang kami bisa raih dengan bantuan dari PLN. Tahun ke 2 ini kami kembali dibantu sebesar Rp 50.000.000,- . Tahun ini kami akan merealisasikan untuk perizinan sehingga kami dapat mencapai pangsa pasar yang lebih tinggi. Perluasan Pemasaran menjadi target kami di tahun ini. Dan hal ini telah tercapai, Sertipikat Perizinan Berusaha Berbasis Risiko telah Kami dapatkan. Kami optimis dengan bantuan PLN dan Dukungan Pemerintah Setempat, Usaha ini dapat berkembang dengan luas,” tuturnya.
 
Ditemui dalam kesempatan berbeda, General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, mengatakan PLN sangat mendukung pengembangan Usaha Kecil serta pengembangan budaya. Usaha tenun ini termasuk pengembangan budaya Indonesia melalui UKM komunitas Tenun Tebusalah Bali. Usaha ini berada di Desa Ringdikit, Kec. Seririt Kabupaten Buleleng yang berada di sekitar infrastruktur SUTT 150 kV Celukan Bawang-Kapal. Pihaknya sangat berharap usaha ini akan semakin maju dengan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang PLN berikan. Alat tenun beserta peralatan tenun sudah diberikan tahun lalu sebesar Rp. 40.000.000,-. Sedangkan tahun ini diberikan sebesar Rp. 50.000.000,- yang dipergunakan untuk legalitas perizinan, uji laboratorium dan sebagainya. 
 
“Tahun lalu kami telah berikan alat tenun sehingga kemampuan produksi tenun dapat bertambah dengan lebih banyaknya alat tenun beserta perlengkapan-perlengkapannya. PLN sangat senang dapat memberi dampak positif bagi masyarakat baik secara kelistrikan maupun dari pemberian TJSL yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. Di masa peralihan pandemi menjadi endemi, dimana pariwisata sedang menggeliat dapat menjadi peluang pasar baru bagi Tenun Tebusalah untuk menjangkau wisatawan baik domestik maupun mancanegara,”  ucapnya menutup. 
 

Hukum & Kriminal

Terpopuler