FMIPA raih 3 penghargaan di Appreciation and Awarding Night Juru Bicara Rektor 2023 | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Februari 2024
Diposting : 11 December 2023 12:39
ARW - Bali Tribune
Bali Tribune / PENGHARGAAN - FMIPA raih 3 penghargaan di Appreciation and Awarding Night Juru Bicara Rektor 2023, Jumat (8/12).

balitribune.co.id | Denpasar - Bertempat di Prime Plaza Hotel Sanur Bali, Juru Bicara Rektor Universitas Udayana selenggarakan Appreciation and Awarding Night Juru Bicara Rektor tahun 2023, Jumat (8/12). Acara ini digagas sebagai bentuk apresiasi kepada tim UPIKS/Unit di lingkungan Universitas Udayana dan media Partner atas karya publikasi terkait kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Universitas Udayana. 

Dalam kesempatan tersebut, hadir para undangan yakni Rektor Universitas Udayana, Ketua Senat Universitas Udayana, Wakil Rektor 1-4, kepala Biro di Lingkungan Universitas Udayana, serta Seluruh Dekan,  Direktur Pascasarjana, Ketua SPI, Direktur Utama RS Universitas Udayana, ketua LPPM, Ketua UPT Bahasa, Ketua UPT Perpustakaan, Ketua USDI, Koordinator Kantor Urusan Internasional, Ketua Media UNUD, pada ketua UPIKS di seluruh fakultas, serta Media Online yang merupakan partner kerjasama Universitas Udayana.

Turut pula hadir para dewan juri pada Malam Apresiasi dan Penganugerahan Tim Juru Bicara Rektor Universitas Udayana yaitu Made Adnyana, S.H., M.H., Tjokorda Istri Priti Mahendradevi, S.Tr.Par.,M.Par., dan A. A. Ngurah Narendra Prema Pawitra S.Tr.Sn.

Rektor Universitas Udayana, Prof. Ngakan Putu Gede Suardana mengucapkan terima kasih kepada dewan juri, karena sudah berkenan untuk meluangkan waktu guna berpartisipasi dalam memberikan penilaian terhadap segenap karya jurnalistik seputar tridharma perguruan tinggi di lingkungan Universitas Udayana. Lain daripada itu, terima kasih juga  diucapkan untuk semangat dan kreativitas dari Tim UPIKS, tim berita dari Fakultas/Unit, dan rekan-rekan media partner yang selama ini sudah banyak memproduksi berita-berita positif tentang Universitas Udayana. Dengan demikian, segenap citra positif tentang Universitas Udayana dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh elemen masyarakat. 

Usaha yang dilakukan guna membangun citra positif untuk menjaga nama baik Universitas Udayana, salah satu diantaranya ialah membuat beragam karya jurnalistik yang selanjutnya harus dipublikasi secara masif dan berkelanjutan. Terlebih lagi bentuk publikasi karya sebagaimana dimaksud tidak lagi bersifat konvensional, yakni tidak cukup hanya dipublikasi melalui media cetak dan/atau elektronik, melainkan wajib untuk dipublikasi melalui beberapa aplikasi media sosial yang sedang tren untuk dikonsumsi publik. Untuk itu, Rektor juga menghimbau agar adanya suatu inovasi-inovasi terkait cara mengemas dan menarasikan karya publikasi yang nantinya akan diunggah dalam media sosial. Guna merespon kebutuhan tersebut, diselenggarakanlah serangkaian workshop yang ditujukan kepada Tim UPIKS dan tim berita dari Fakultas atau Unit dengan difasilitasi oleh Tim Juru Bicara Rektor Universitas Udayana. Workshop yang telah terselenggara oleh Tim Juru Bicara Rektor tersebut ternyata tidak hanya sekedar menghadirkan narasumber untuk berbagi pengetahuan yang bersifat teoritis, melainkan turut menyisakan “pekerjaan rumah” bagi para pesertanya untuk membuat segenap karya jurnalistik yang kemudian dikompilasi guna dikompetisikan dan dinilai akhirnya oleh para dewan juri yang telah berkenan hadir pada kesempatan ini. 

Melalui kegiatan workshop dan acara Appreciation and Awarding Night ini, Rektor berharap Tim UPIKS dan Tim Berita Fakultas/Unit untuk senantiasa meningkatkan semangat dan kreativitas dalam menghasilkan karya jurnalistik yang inovatif dan berkualitas.

Dalam kesempatan ini, FMIPA dapat berbangga karena memperoleh 3 pengharagaan yakni:

Juara 1 Kategori Fakultas/Unit dengan Pengelolaan Website Terbaik 
Juara 2 Kategori Foto Jurnalistik Terbaik
Spesial Awards Kontributir Berita Non UPIKS yang diraih oleh Prof.Dr. Dra. Ni Made Suaniti,M.Si, Salah satu dosen Magister Kimia FMIPA UNUD.

Menurut Ketua UPIKS FMIPA, Agus Muliantara, S.Kom, M.Kom apresiasi ini sangatlah spesial sebagai hadiah akhir tahun yang cukup membanggakan. Penghargaan yang diperoleh kali ini merupakan hasil kerjakeras TIM yang terdiri atas Dekan beserta jajaran, WD1-3, Koordinator Program Studi di lingkungan FMIPA, Tim jurnalisme UPIKS yang merupakan gabungan dari tendik dan mahasiswa dari seluruh prodi di FMIPA. Agus berharap kerjsama ini agar dapat terus ditingkatkan sehingga FMIPA dapat selalu berkontribusi pada pemberitaan-pemberitaan yang positif. 

I Wayan Febriana Saputra,S.Kom salah satu tim UPIKS yang dihubungi, menyatakan kaget dan tidak menyangka akan mendapat juara 2 kategori foto jurnalistik terbaik. Febri mengatakan bahwa foto yang dikirimkan adalah salah satu foto kegiatan dies nataslis Universitas Udayana pada bulan september lalu. Febri menyampaikan bahwa dia hanya berusaha menampilkan kegiatan internasional dari Universitas Udayana. Ternyata mendapat apresiasi juara 2. Ini sungguh di luar dugaan, tapi patut disyukuri. Saya akan berusahana mengambil foto yang lebih baik lagi tandasnya.

Prof.Dr. Dra. Ni Made Suaniti,M.Si yang dihubungi secara terpisiha merasa Kaget dan terimakasih banyak kepada Universitas Udayana melalui Jubir Rektor dg apresiasi yg begitu besar karena hanya bekerja sedikit. Semoga ke depan dapat bekerja dan berkarya lebih baik lagi dg dukungan semua pihak semoga  Universitas Udayana semakin maju, Fakultas MIPA semakin jaya, dan khususnya Kimia dapat unggul kedepannya.

 

Sumber: https://www.unud.ac.id