FPPI-Sang Dewi Flobamora Tanam Mangrove | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 13 Agustus 2020
Diposting : 10 May 2016 13:13
bernard MB - Bali Tribune
Flobamora
Pengurus FPPI Bali dan Sang Dewi Flobamora foto bersama sebelum acara penanaman mangrove

Denpasar, Bali Tribune

DPD Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPP) Provinsi Bali dan organisasi perempuan ‘Sang Dewi’ Flobamora melakukan aksi sosial penanaman mangrove di hutan mangrove Serangan Denpasar Selatan (Densel), Minggu (8/5) sore.

Ketua DPD FPPI Provinsi Bali, Eka Putu Susilawati didampingi Ketua II Anggariasih, S.Miss., S.Pd dan Ketua V Ir. Ni Made Trigunasih, MP mengatakan penanaman pohon mangrove ini merupakan partisipasi dari FPPI Bali dan Sang Dewi Flobamora Bali dalam rangka rangkaian HUT Fakultas Pertanian (FP) Unud ke-49 dan BKFP ke-38.

“FPPI Bali dan Sang Dewi Flobamora bersinergi dalam rangkaian kegiatan HUT Fakultas Pertanian Unud. Turut hadir dalam penanaman mangrove ini, dosen, dekan dan para mahasiswa Fakultas Pertanian,” ungkap Susilawati.

Dikatakan Susilawati, penghijauan dengan tema: ‘Satu Pohon Satu Langkah Menuju Alam yang Lebih Baik’ ini, pihaknya mendapat 300 bibit mangrove Rhizopora Murotonata dari Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Bali.

Dipilihnya penanaman mangrove untuk mendukung program pemerintah tentang green and clean, mengurangi abrasi, mencegah terjadinya kerusakan ekosistim di mangrove dan membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar. “Kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi lembaga, yaitu dosen dan mahasiswa dapat berinteraksi sehingga akan meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan secara langsung,” ujarnya.

Sementara itu, Anggariasih menambahkan, bahwa ada lima manfaat hutan mangrove untuk manusia, yaitu mencegah instrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami, tempat hidup dan sumber makan bagi beberapa jenis satwa serta berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir. “Karena begitu besar manfaatnya bagi kita manusia, sehingga dipilih penghijauan penanaman mangrove ini. Manggrove juga dapat memperbaiki kualitas udara,” katanya.