Gedung SMKN 1 Susut Disemprot Cairan Anti Rayap | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 03 Desember 2020
Diposting : 23 November 2020 04:59
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ PENYEMPROTAN - Suasana penyemprotan anti rayap di SMKN 1 Susut, Minggu (22/11).
Balitribune.co.id | Bangli -  Sejumlah pekerja nampak menyemprotan cairan disudut-sudut gedung SMKN 1 Susut, Minggu (22/11). Penyemprotan cairan berupa cairan kimia agar gedung tidak diserang rayap. 
 
Kepala SMKN 1 Susut Ni Made Ciri Rimbawati mengatakan kegiatan penyemprotan anti rayap merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Kegiatan ini untuk salah satu upaya untuk melindungi bangunan sekolah dari rayap. Menurut Made Ciri, selain rayap, banyak pula serang semut. "Bantuan seperti ini baru pertama kali kami terima. Selain SMKN 1 Susut, beberapa SMA/SMK di Bangli juga menerima bantuan serupa," jelasnya. 
 
Pelaksanaan penyemprotan mulai dilakukan, Sabtu (21/11). Sejumlah tenaga kerja terlibat dalam kegiatan tersebut. "Tentu penyemprotan ini dapat melindungi kondisi gedung kami dan fasilitas yang ada didalamnya. Penyemprotan dilakukan diseluruh ruang yang jumlah sekitar 28 ruang," sebutnya. 
 
Pelasana kegiatan Dewa Made Oka mengatakan untuk penyemprotan dan injeksi menggunakan bahan kimia. Untuk injeksi dilakukan dilantai satu. "Injeksi  menyasar lantai ruangan  bawah. Lantai dibor untuk dimasukan cairan. Kemudian baguan yang dibor nantinya kembali tambal sehingga kondinya seperti sedia kala,” ungkapnya.
 
Untuk ketahanan dari obat anti rayap ini berkisar antara -5 tahun. "Setelah dilkan ijeksi dan penyemprotan kami jamin ruangan aman dari  serangan sebangsa rayap,” sambungnya.