Gembleng dan Motivasi Satpol PP | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 28 September 2020
Diposting : 22 June 2020 23:26
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ KUMPULKAN - Bupati Suwirta kumpulkan jajaran Satpol PP dan Damkar Klungkung
Balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta secara mendadak mengumpulkan jajaran anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) di halaman Kantor Pol PP dan Damkar Klungkung, Senin ( 22/6,  karena menurunnya kinerja mereka belakangan ini. Sehingga mengharuskan dirinya untuk sering turun langsung kelapangan dalam menegakkan Peraturan Daerah dan Keputusan Bupati.
 
Bupati Suwirta menyampaikan, Satpol PP memiliki peran penting dalam menegakkan perda dan keputusan bupati sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Seorang Satpol PP juga harus memiliki komitmen kuat dan memahami tupoksi masing masing. Jika tidak maka tidak dapat bekerja dengan maksimal seperti yang terjadi belakangan ini. Dimana Bupati harus berkali kali ke lapangan untuk menegakkan Perda, seperti perda sampah, rokok dan ketertiban lainnya.
 
Kepada Kepala Satpol PP Putu Suarta, Bupati Suwirta perintahkan untuk segera membuat uraian tugas masing masing personilnya. Uraian tugas yang berasal dari Kementerian dalam Negeri harus dijabarkan dan dibuat yang lebih rinci. Petugas juga harus menguasai Perda dan Aturan yang berlaku sehingga saat bertugas kelapangan akan lebih mudah dalam beradu argumen dengan para pelanggar. Untuk melaksanakan tugas dilapangan juga harus diperhatikan beberapa hal penting lainnya, yaitu penampilan individu yang harus selalu dijaga, bentuk tubuh harus ideal, penampilan dan pakaian harus rapi serta bau badan yang harum. Selain itu public speaking juga harus baik dan mampu menyentuh perasaan lawan bicara sehingga mau tergerak. Kesan tampang sangar juga harus dihilangkan, karena hanya akan mengurangi simpati masyarakat. Petugas harus berhati hati dalam menghadapi masyarakat, dan tidak arogan yang malah akan mengurangi simpati masyarakat.