Gerindra Dan PKPI Gabung Ke Fraksi PDIP | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 15 Juli 2020
Diposting : 20 August 2019 15:37
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ Ketua DPC Gerindra Bangli, Joko Arnawa
balitribune.co.id | Bangli - Sempat mencuat  akan membentuk Frkasi Gabungan (Gerindra, PKPI dan Hanura), justru   Partai Gerindra  Dan PKPI yang nota bene meraih 1 kursi dalam Pileg kemarin  merapat ke Fraksi PDIP.  Sementara  untuk Partai Hanura dan Nasdem  membentuk Fraksi Gabungan.
 
Ketua DPC Gerindra Bangli, I Made Joko  Arnawa ditemui usai rapat  pembahasan pembentukan Frkasi, mengatakan kalau memang sebelumnya Gerindra, PKPI dan Hanura berkeinginan membetuk Fraksi Gabungan. Namun karena menjelang penyerahan nama fraksi, belum ada kepastian dan disalah satu sisi tidak ingin dianggap menghambat kerja lembaga, maka  pihaknya  memilih bergabung  ke Frkasi PDIP. “Kami berteima kasih karena  mau diterima,” jelas  Joko Arnawa, Senin (19/8).
 
Disinggung terkait berlabuh ke Frkasi PDIP, Kata Joko Arnawa  tidak terlepas dari plafon partai  yang  sama, dan fenomena  baik di pusat maupun di provinsi hubungan antar elit  berjalan dengan baik.
 
Terpisah  Ketua PKPI Bangli, I Wayan  Wedana  mengatakan kalau  pihaknya bergabung dengan Fraksi PDIP. Dipilihnya bergabung ke Frkasi PDIP berkaca dari hajatan politik  sebelumnya  yakni  dalam Pilpres dan Pilgub Bali  kami bergabung dengan PDIP.
 
Sebut I Wayan  Wedana dengan bergabung ke Fraksi PDIP, tidak serta merta pihaknya hanya  sebagai pengembira saja, namun demikian pihaknya siap mengkritisi kebijakan yang dianggapnya  kurang tepat. “Walaupun saya bergabung  di Fraksi PDIP  bukan berarti harus mengikuti kebijakan dari temen- temen di PDIP, kalau  saya anggap kurang tepat  akan saya kritisi,” jelas anggota dewan empat kali periode ini.
 
Sementara  terpisah Ketua DPW Nasdem Bangli, Jro Gede Tindih mengatakn mengacu perintah  DPW Bali, maka  partai Nasdem  akan bergabung dengan Partai Hanura. Dengan  jumlah  3 kursi  praktis  sudah  bisa  membentuk Frkasi Gabungan. “Untuk nama- nama pengurus Frkasi  hari ini saya bawa,” ujar  Jro Gede Tindih.Bebernya untuk posisi Ketua Frkasi  dirinya sendiri sedangkan untuk Sekretaris Wayan Nekayasa (Hanura).
 
Dibalik pembentukan Frkasi  yang sedang berlansung, berdar isu untuk alat kelengkapan dewan (AKD) yakni posisi Ketua Komisi akan disapu bersih PDIP. Bahkan  untuk nama - nama Ketua Komisi  sudah santer berembus dikalangan anggota DPRD Bangli. Untuk Ketua Komisi I dipegang oleh  Satria Yudha, Ketua Komisi II oleh I Ketut Mastrem dan Ketua Komisi III akan dipegang oleh I Made Natis. (u)