Golkar Siap Berkompetisi dengan Koalisi Besar | Bali Tribune
Diposting : 30 August 2020 19:28
A.A. Samudra Dinata - Bali Tribune
Bali Tribune / Gusti Made Winuntara

balitribune.co.id | Bangli - Arah dukungan partai politik dalam Pilkada Bangli sudah mulai mengrucut. Sebagai parpol pemenang pemilu, PDI-P yang mengusung pasangan calon Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar. Sementara pesaingnya partai Golkar mengusung calon I Made Subrata-Ngakan Kutha Parwata.

Sementara jika dilihat dari peta koalasi dari parpol pengusng, PDI-P mendapat sokongan dari partai Demokrat, Hanura, Gerindra dan PKPI. Sedangkan Golkar hanya menjalin koalisi dengan Nasdem. Jika dilihat diatas kertas PDI-P dengan raihan 16 kursi ditambah Demokrat 3 kursi, Hanura 1 kursi, Gerindra 1 kursi dan PKP 1 kursi maka total jumlah 22 kursi unggul jauh dari Golkar yang hanya meraih raihan 6 kursi dan Nasdem 2 kursi. Walaupun demikian Golkar tetap berkeyakinan paslon yang diusung akan mampu memenangkan hajatan Pilkada Bangli.

Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Made Winuntara saat dikonfirmasi terkait beberapa parpol yang memilki wakilnya diparlemen berkoalisi dengan PDI-P dalam Pilkada mengatakan untuk Golkar baru menjalin koalisi dengan Nasdem. “Walupun baru berkolaisi dengan Nasdem tapi kita tetap siap memenangkan Pilkada dan Golkar sendri sudah terbiasa dengan retorika politik seperti ini, ungkanya Minggu (30/8)

Kata tokoh Golkar asal Banjar Sedit, Kelurahan Bebalang ini kontek Pilkada beda dengan Pileg dimana  dalam Pilkada masyarakat disuguhkan dengan dua pasangan colon, sedangkan dalam Pileg  pesertanya dari berbagai warna. ”Kontek Pilkada masyarakat tentu akan memilhat bobot calon, Golkar sendiri dalam merekomindasi calon sudah mengacu pada mekanisme seperti hasil survai dan kredibilitas serta kemapuan intelektualnya dan calon yang kami usung tidak perlu lagi disangsikan,” sebut Gusti Made Winuntara.

Sementra disinggung terkait persiapan, kata Gusti Made Winuntara besok (senin-red) akan dilaksanakan rapat pleno untuk membahas masalah pembentukan tim pemenang. Untuk tim pemanang nantinya  akan melibatkan kader Golkar  dan dari partai  koalisi (Nasdem) serta relawan.” Sebelum pendaftaran nanti sudah terbentuk tim pemenangan,” jelasnya.

Bertalian dengan hajatan Pilkada, DPD I Golkar Bali telah mempersiapkan tim advokasi yang nantinya akan menjalankan tugas jika terjadi sengketa.” DPD Golkar Bali juga mempersiapkan tim pemikir dalam hal penyusunan visi dan misi sehingga semua keinginan  bisa terakomodir,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan jika pihaknya menjalani komunikasi secara intens dengan partai politik lainya. Tidak hanya yang memiliki kursi di DPRD Bangli, namun juga partai lainya. Menurut Sedana Arta, partai yang belum ada perwakilan di dewan sudah lebih dulu menjalin komunikasi. "Kami sudah komunikasi sejak lama dengan rekan di partai politik. Hari ini dari partai Demokrat menyerahkan rekomendasi secara resmi. Kami harap partai lainya juga memberikan dukungan secara resmi," sebutnya singkat.