Gratis bagi Pemuda Bali yang Ingin Jadi Prajurit TNI AL | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 15 April 2021
Diposting : 8 April 2021 03:54
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune /Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan TNI Angkatan Denpasar kembali membuka penerimaan prajurit Calon Taruna (Catar) Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Calon Tamtama (Catam) Prajurit Karir (PK) Gelombang I/Tahun 2021.
balitribune.co.id | Denpasar - Dalam rangka pemenuhan organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya TNI Angkatan Laut (AL), Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut (Lapetal) melalui Pangkalan TNI Angkatan (Lanal) Denpasar kembali membuka penerimaan prajurit Calon Taruna (Catar) Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Calon Tamtama (Catam) Prajurit Karir (PK) Gelombang I/Tahun 2021.
 
Pembukaan penerimaan prajurit TNI AL ini secara serentak dilakukan di Panitia Daerah (Panda) Lanal seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Bali, dalam hal ini Lanal Denpasar membuka pendaftaran bagi para pemuda yang memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL. 
 
Pendaftaran dibuka secara online melalui website al.rekrutmen-tni.mil.id (12 April - 7 Mei 2021) dan dilaksanakan validasi (19 April - 7 Mei 2021) atau bisa langsung datang ke Lanal Denpasar di Jalan Raya Sesetan 331, Denpasar.
 
"Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar diantaranya, Warga Negara Indonesia (WNI), beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945, Usia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma) pada 3 Agustus 2021. 
 
"Juga berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat), tinggi badan minimal 163 cm dan berat badan seimbang. Persyaratan lebih lengkap bisa dilihat langsung di website al.rekrutmen-tni.mil.id," ujar Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, Rabu (7/4).
 
Pihak Lanal Denpasar berkomitmen untuk menjalankan proses rekrutmen prajurit secara profesional, objektif, dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang ketat untuk mendapatkan para calon Taruna dan Tamtama PK terbaik, sesuai persyaratkan yang ditentukan. 
 
"Selain itu, yang lebih penting lagi bahwa pendaftaran ini bersifat gratis tanpa dipungut biaya apapun," tegas Danlanal Denpasar.
 
Pada saat pelaksaan tes seleksi, segala sesuatu yang diperlukan sudah disiapkan panitia seleksi, mulai dari tahap pendaftaran, seleksi uji pemeriksaan administrasi, kesehatan I dan II, juga kesehatan jiwa, uji jasmani, mental idiologi, psikologi, hingga sidang parade dan tahapan penentuan akhir (pantukhir) daerah.
 
Danlanal juga mengingatkan kepada para peserta dan orangtua peserta seleksi, agar lebih waspada dan mengabaikan bila ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan jasa atau bantuan dengan iming-iming atau janji bisa meloloskan peserta dalam saringan masuk menjadi Taruna atau Tamtama PK TNI AL. Apalagi sampai meminta imbalan sejumlah uang atau barang tertentu, maka bisa dipastikan hal itu adalah modus penipuan.
 
"Jika mengetahui hal tersebut, maka segera laporkan ke pihak panitia atau bisa langsung ke pihak berwenang untuk ditindak tegas lebih lanjut," saran Danlanal Denpasar. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler