Gubernur Bali Resmikan Alun-alun Kota Bangli | Bali Tribune
Diposting : 12 January 2022 21:51
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / TANDATANGAN - Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat menandatangi prasasti Alun-alun Kota Bangli, Rabu (12/1).

balitribune.co.id | Gubernur Bali I Wayan Koster resmikan alun-alun Kota Bangli pada Rabu (12/1) pukul 19.00 wita. Acara diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Wayan Koster bersama Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. 

Nampak hadir dalam peresmian alun-alun Kota Bangli, yakni anggota DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adnyana, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, jajaran Forkompinda Bangli, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, pimpinan dan anggota DPRD Bangli. Selain itu hadiri Perbekel se-Bangli, bendesa adat se-Bangli. 

Gubernur Bali I Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas suksesnya pembangunan Alun-alun Bangli. Gubernur juga mengaku komit mendukung sejumlah program pembangunan yang saat ini dirancang Pemkab Bangli.

"Saya bangga dengan pak Bupati, belum setahun jadi Bupati tapi sudah bisa melakukan perubahan yang sangat cepat dalam memajukan pembangunan di kabupaten Bangli," ungkapnya. 

Menurut Gubernur Koster, apa yang menjadi visi misi Bupati Bangli telah mulai bisa diwujudkan menuju Bangli Era Baru. "Saya bangga lapangan ini dapat ditata dengan baik dengan penataan multifungsi sehingga ini bisa menjadi icon Bangli dan perubahan mulai dapat dirasakan masyarakat," ujar Koster. Bupati Bangli Sedana Arta dinilai merupakan seorang pemimpin yang berani dan pekerja keras. "Ini contoh kepemimpinan yang baik untuk membangun Bali,. Belum satu tahun sudah banyak dilakukannya. Ini harus ditingkatkan kedepannya" sebutnya.  

Untuk itu, Gubernur juga mengaku akan mendukung program pembangunan Bangli selanjutnya. "Untuk mendukung rencana pembangunan Bangli kedepan, tahun 2022 saya dukung dengan BKK sebesar Rp 50 Miliar," ungkapnya. Kedepan pihaknya juga akan memfasilitasi pembangunan Bangli jadi prioritas tahun 2023.

"Bangli tidak bisa dibangun sembarangan, karena Bangli punya karakteristik spesifik. Bangli terdapat desa-desa kuno yang sangat kuat, untuk kita bangun menjadi kebanggan Bali," ungkapnya.

Sementara Bupati Sang Nyoman Sedana mengungkapkan alun-alun Kota Bangli dibangun di atas lahan seluas 22.430 meter persegi ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti lapangan voli, lapangan basket, lapangan tenis, food court, skate board, stage utara, pucuk bang, play ground, entry gate, terapi lansia, dan laktasi. 

Proyek alun-alun Kota Bangli menelan anggaran sekitar Rp 21 miliar dengan sumber dana dari APBD Bangli. Sementara desain bangunan Alun-Alun Kota Bangli diarsiteki oleh putra Bangli sendiri, yakni Ngakan Ketut Acwin Dwijendra.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini menyebutkan, pascatuntasnya pembangunan Alun-alun, pada tahun 2022 ini pihaknya masih memiliki sejumlah pekerjaan pembangunan besar lain. Seperti pembangunan Pasar Singamandawa, penataan Penelokan, jalan hotmix, hingga kelanjutan pembangunan RSU Bangli, Pengadaan lahan untuk pusat olahraga. 

Selain itu ada rencana untuk membangun sirkuit drag race. "Mungkin Bangli satu-satunya pemerintah daerah yang berani memfasilitasi supaya kebut-kebutan liar ini bisa tiada, dan juga bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan lingkungannya," sebutnya. 

Kata Sedana Arta, sebelum peresmian pada Rabu pagi (12/1) dilaksanakan upacara Manca Kelud, pangresiganan, pemelaspas pelinggih dan alun alun, mapedagingan di puput oleh Ida Pedanda Gede Putra Sidemen, Geria Jaksa, Banjar Pande, Bangli dan Ida Pedanda Istri Kania Geria Alang Kajeng Nongan, Karangasem.

Menurut Bupati Sang Nyoman Sedana Arta upacara yang dilaksanakan ini rangkaian melaspas seluruh bangunan yang sudah selesai dibangun. "Berbagai rangkaian upacara telah dilaksanakan. Upacara hari ini dipuput oleh dua sulinggih Siwa dan Budha," ungkapnya. 

Lanjutnya, para ASN juga ngayah rejang renteng, baris. Ini merupakan bentuk rasa bhakti kepada sang pencipta. "Bentuk bakti kita pada Sang Pencipta. Semua perencanaan pembangunan terkait alun-alun akhirnya bisa selesaikan tepat waktu," ujarnya. 

Karena hari ini merupakan opening, Sedana Arta mengatakan acara hiburan dijadwalkan hingga hari Minggu (16/1). Dikatakan mulai hari ini, fasilitas food court sudah mulai dibuka. "Mudah-mudahan masyarakat kita semakin punya ruang terbuka hijau di kota untuk tempatnya berekreasi," jelas mantan anggota DPRD Bali ini.

Sedana Arta mengimbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Karena berdasarkan hasil vidcom dengan Menko Marves, hanya protokol kesehatanlah cara mengantisipasi penyebaran virus Corona. "Nanti malam semua pintu masuk ini juga akan disterilkan dengan peduli lindungi, termasuk atur suhu," sebutnya. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler