Gubernur Koster Sebut Pembangunan Pelabuhan Amed Dimulai Tahun 2024 | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 07 Februari 2023
Diposting : 25 January 2023 20:18
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / Gubernur Bali Wayan Koster.

balitribune.co.id | Amlapura Pelabuhan Amed yang diwacanakan sejak bertahun-tahun lalu, dipastikan akan segera dibangun dalam dua tahun kedepan. Hal tersebut ditegaskan oleh Gubernur Bali Wayan Koster dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Karangasem, Rabu (25/1).

Kunjungan tersebut untuk mensosialisasikan capaian pembangunan Bali yang merupakan implementasi Visi-Misi Gubernur/Wakil Gubernur, Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Pembangunan Semesta Bali Berencana, di Gedung UKM Centre/ Mall Pelayanan Publik, Amlapura, Karangasem.

Didampingi Bupati Karangasem I Gede Dana, Gubernur Wayan Koster menegaskan dalam perencanaan pembangunan semesta Bali berencana, pihaknya akan membangun pelabuhan dari titik ke titik di Bali. Salah satunya pembanguna Pelabuhan di Pesisir Amed, Kecamatan Abang, Karangasem. “Kami akan membangun pelabuhan dari titik ke titik di setiap wilayah di Bali. Ini tidak hanya menjadi pelabuhan, namun sekaligus juga menjadi obyek atau destinasi wisata baru, yakni wisata bahari. Salah satunya pembangunan Pelabuhan Amed,” tegas Wayan koster.

Dijelaskannya, untuk pembangunan Pelabuhan Amed sendiri perencanaan saat ini sudah masuk dalam tahap rancangan Detail Engineering Design (DED) dan tahun 2023 ini diharapkan semunya termasuk Amdal sudah selesai. “Pelabuhan Amed saat ini sudah masuk rancangan desain, tahun 2023 ini harus selesai, sehingga Tahun 2024 pembangunan pelabuhan tersebut sudah bisa dimulai,” cetusnya.

Selain berfungsi sebagai pelabuhan penyeberangan dan logistik dimana nantinya dibangun juga dermaga, nantinya Pelabuhan Amed juga akan menjadi kawasan wisata baru. “Bukan hanya membangun pelabuhan, tapi kawasannya juga kita akan bangun sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru yang bisa mendongkrak perekonomian dan pariwisata di Karangasem,” tandasnya.