Harapan Pelaku Seni, Pemerintah Perhatikan Seni Bapang Barong | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 21 September 2020
Diposting : 6 January 2020 20:35
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/Putu Hendrawan

balitribune.co.id | Denpasar - Seni Bapang Barong diharapkan mendapat dukungan pemerintah dalam hal melestarikan budaya Bali yang menjadi cikal bakal munculnya pariwisata di pulau ini. Selain keramahtamahan penduduknya yang terkenal hingga ke mancanegara, kekayaan dan keunikan seni budaya di Pulau Seribu Pura tersebut juga menarik perhatian wisatawan dari luar negeri. 

Hal ini sangat penting dikenalkan kepada generasi muda agar tertarik menjadi pelaku seni Bapang Barong. Demikian disampaikan salah seorang pelaku seni dan pariwisata di Kabupaten Badung, Putu Hendrawan saat ditemui di Denpasar beberapa waktu lalu. 

"Cikal bakal pariwisata Bali itu seni dan budaya dan penduduknya. Seperti itu awal sejarah pariwisata Bali. Kenapa seni dan budaya Bali ini sangat penting dilestarikan oleh generasi muda karena berkaitan dengan pariwisata. Jika ini dibiarkan punah dengan sendirinya saya rasa pariwisata pun akan punah," katanya. 

Pihaknya berharap peran pemerintah dalam menjaga kelestarian seni dan budaya Bali dengan mendukung serta mendorong generasi muda untuk menekuni seni Bapang Barong. 

"Saya harapkan peran dari pemerintah. Ayolah lebih diperhatikan karena ini berkaitan dengan pariwisata.  Ayo lebih diperhatikan kegiatan-kegiatan pementasan seni dan budaya Bali ayolah didorong. Jika tidak memperhatikan ini, maka pariwisata akan surut dan PAD pun akan turun," ucap Hendrawan.

Menurutnya, dukungan dan perhatian dari pemerintah sangat diharapkan dalam seni Bapang Barong. Atraksi ini kata dia jangan dianggap hanya sebagai tontotan biasa untuk masyarakat kecil saja. "Kami ingin ini (Bapang Barong) dikemas lebih baik dan diperhatikan oleh pemerintah dan dituntun oleh pemerintah sebagai Guru Wisesa. Sehingga akan menjadi lebih berkembang dan dicintai oleh para generasi muda," harapnya. 

Pemerintah pun perlu untuk mempromosikan kesenian tersebut agar lebih dikenal masyarakat luas. Sehingga wisatawan semakin tertarik datang ke pulau ini yang akan memicu peningkatan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata. "Saya rasa seni dan budaya Bali ini akan lebih dikenal. Sehingga nantinya ada destinasi wisata menonton pertunjukkan Mapang Barong dan Makendang," tutupnya.