
balitribune.co.id | PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Telkom Indonesia Tbk bekerja sama menghadirkan Honda Meta Race pada Jumat (1/9) di Honda MetaWorld. Honda Meta Race merupakan permainan balap mobil virtual pertama yang diselenggarakan di platform metaverse Indonesia yaitu MetaNesia.
MetaNesia merupakan sebuah platform dunia virtual, penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi selayaknya di dunia nyata. Untuk masuk ke dalam MetaNesia, pengguna dapat mengunduh aplikasi MetaNesia melalui aplikasi Google Play, Windows dan Mac OS atau di website metanesia.id.
Setelah masuk di MetaNesia, pengunjung akan menemukan lobby Honda MetaWorld. Selanjutnya, pengunjung akan menemukan berbagai area interaktif, salah satunya merupakan Honda Meta Race. Dalam Honda Meta Race, para peserta akan diberikan pilihan untuk mengemudikan salah satu dari berbagai model Honda yang tersedia mulai dari Honda Brio, Honda City Hatchback RS, Honda WR-V, Honda BR-V, atau Honda HR-V.
Kemudian para peserta akan bertanding di sirkuit Surfside Speedway, Wildwood Circuit atau Winterstorm GP Circuit, di mana sirkuit ini sudah ditentukan sesuai jadwal. Permainan ini dapat dimainkan single maupun multiplayer dengan tantangan yang berbeda. Pada single player, peserta ditantang ketangkasannya untuk melewati rintangan obstacle dengan waktu tercepat.
Pada multiplayer, peserta memiliki booster di mana pada saat pemain menyentuh booster akan membuat laju kendaraan lebih cepat.
Setelah pertandingan selesai, para peserta dapat melihat catatan waktu, peringkat dan hasil akhir di fitur Leaderboards. Untuk menambah keseruan dalam permainan, Honda akan mengadakan kompetisi dalam Honda Meta Race dengan mode Singleplayer pada 11 September 2023 hingga 22 Oktober 2023. Ada total hadiah hingga jutaan rupiah pada kompetisi ini. Kompetisi terdiri dari enam seri dengan menggunakan enam model Honda dan sirkuit yang berbeda setiap minggunya. Tiga pemenang dari kompetisi ini ditentukan berdasarkan waktu tercepat yang tercatat pada fitur Leaderboard di setiap akhir seri.
Selain itu, para peserta juga berkesempatan mendapat hadiah grand prize sebagai Honda Meta Race Loyalist Awards.Penghargaan ini didapatkan melalui total jumlah permainan yang berhasil dituntaskan selama mengikuti kompetisi dari Seri 1 hingga Seri 6.
Yulian Karfili selaku Communication Strategy Sub-Division Head PT HPM mengatakan, Honda MetaWorld merupakan penggabungan antara teknologi inovasi metaverse dan DNA sporty Honda.
“Kami berharap dengan menghadirkan keseruan balap virtual di dunia metaverse akan membawa semangat everyone can race ke lebih banyak orang khususnya anak-anak muda yang sangat dekat dengan dunia digital,” kata Yulian.