Hujan Angin Dimalam Minggu, Satu Rumah Tertimpa Pohon Tumbang dan Akses Jalan Tertimpa Longsor | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 20 Oktober 2021
Diposting : 12 September 2021 16:52
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / POHON TUMBANG - Penanganan pohon tumbang meenimpa rumah di Desa Tenganan Pegringsingan, Manggis, Karangasem

balitribune.co.id | Amlapura - Hujan lebat disertai tiupan angin kencang yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Karangasem, sepanjang Sabtu (11/9/2021) malam, hingga Minggu (12/9/2021) pagi, mengakibatkan terjadinya bencana pohon tumbang di sejumlah wilayah, selain itu juga terjadi longsor kecil di Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang.

Di Kecamatan Manggis, hujan disertai angin kecang membuat sebuah pohon kelapa setinggi 12 meter, di Banjar Tenganan Pegringsingan, Desa Tenganan, tumbang dan menghantam rumah milik I Nengah Suda (50) warga setempat. menurut unformasi yang dieroleh, sebelumnya memang terjadi hujan lebat disertai angin kencang, dan sekitar pukul 03.00 Wita dinihari, saat pemilik rumah sedang tertidur pulas bersama anggota keluarganya. Tiba-tiba pemilik rumah naas tersebut mendengar suara hantaman keras di baian atap rumahnya.

Kejadian tersebut sempat membuat pemilik rumah dan anggota keluarganya panik dan berhamburan keluar rumah untuk menghindari bahaya. Setelah diuiperiksa ternyata apat rumahnya telah rusak parah oleh hantaman pohon kelapa di dekat rumahnya yang tumbang menimpa rumahnya. Beruntung pemilik rumah dan anggota keluarganya berhasil selamat dalam kejadian tersebut. Hanya saja istrinya Ni Wayan Arti, mengalami syock berat hingga badannya gemetaran karena kaget dan ketakutan.  

“Memang benar terjadi bencana pohon tumbang menimpa atap rumah warga di Desa Tenganan. Kami sudah terjunkan anggota kelokasi untuk membantu warga melakukan penanganan sekaligus melakukan assesment terhadap pemilik rumah,” ungkap Sekretaris BPBD Karangasem, I Putu Eka Tirtana.

Disebutkannya juga, pada Minggu pagi, anggta TRC BPBD Karangasem juga diterjunkan untuk melakukan penaganan bencana pohon tumbang di Banjar Dinas Merajan, Desa Seraya Barat, Kecamatan Karangasem. Dimana sebuah pohon bunut yang diduga batangnya telah lapuk, tumbang dan batangnya melintang ditengah jalan desa, serta menimpa kabel listrik tergangan tinggi milik PLN.

“Setelah berkoordinasi dengan PLN untuk penanganan kabel yang terkelupas, baru kemudian anggota melakukan penanganan, memotong dan membersihkan batang pohon tumbang tersebut. semua kejadian bencana sudah berhasil ditanganan dengan baik,” lontarnya.