Hujan Lebat dan Angin Kencang, Jalur Bukit Jambul-Selisihan Tertimbun Longsor | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 18 September 2021
Diposting : 6 August 2021 00:16
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune/ GOTONG ROYONG - Petugas BPBD Karangasem bersama warga dan aparat Desa Pesaban melakukan gotong royong membersihkan jalan dari longsoran.
balitribune.co.id | Amlapura  - Hujan disertai angin kencang masih melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem. Di Banjar Dinas Pesaban, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang terjadi bencana longsor dan pohon tumbang pada Kamis (5/8).
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, kejadian longsor tersebut terjadi di ruas jalan Bukit Jambul menuju Selisihan, sekitar pukul 07.00 Wita.
 
Menurut keterangan sejumlah warga, sebelumnya memang terjadi hujan cukup lebat sejak beberapa hari lalu, dan Kamis pagi itu tebing di sisi jalan di jalur tersebut longsor, dimana material longsor berupa tanah dan bebatuan menutupi akses jalan di jalur tersebut. Tidak hanya longsor, pohon perindang yang ada di lokasi tersebut juga ikut tumbang dan melintang di tengah jalan.
 
Kejadian tersebut sempat membuat akses jalan dari dan menuju Selisihan lumpuh total selama beberapa jam. Sementara itu, BPBD Karangasem yang menerima laporan kejadian tersebut langsung menurunkan sejumlah anggotanya untuk membantu warga membersihkan material longsoran dan memotong batang pohon tumbang yang melintang di tengah jalan di lokasi kejadian.
 
“Begitu menerima laporan, kami sudah langsung luncurkan anggota untuk membantu warga memindahkan dan membersihkan material longsoran dengan cara manual,” tegas Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa. 
 
Setelah bergotong royong bersama warga dan aparat setempat, akses jalan Bukit Jambul-Selisihan sudah bisa kembali dilewati kendaraan dan selanjutnya pihak dari Bina Marga PUPR Karangasem melakukan pembersihan saluran air yang berada di pinggir jalan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler