Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Humas Kementerian PUPR Digembleng Kelola Managemen Isu

pembangunan
Salah satu peserta workshop "Manajemen Isu dan Komunikasi Krisis" Kementerian PUPR.

BALI TRIBUNE - Coorporate Communication Vice President PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Eva Chairunissa mengatakan, salah satu kunci keberhasilan PT KCI mengoperasikan kereta Jabotabek hingga Cikarang dan Rangkas Bitung  (Banten), adalah karena dekat dengan wartawan. "Kita harus mau repot menelepon wartawan, ngopi bareng dengan mereka. Jika mereka butuh informasi, pasti akan hubungi kita. Sebaliknya, bila ingin menyebarkan berita, pasti akan dibantu,” kata Eva dalam acara  Workshop Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Sanur, pekan lalu.

Menurutnya, langkah yang dilakukan PT KCI itu bukan tanpa alasan. Sekarang ini, masyarakat membutuhkan informasi yang cepat, yakni melalui media berita online atau media sosial. "Media-media online itu sehari bisa memberitakan berkali-kali, jika kita tidak siapkan bahan berita, informasinya bisa ke mana-mana," tutur Eva yang berkali-kali mendapat penghargaan sebagai Coorporate Communication terbaik dari berbagai lembaga ini. 

Sebagai orang humas terangnya, kita harus mampu mengendalikan situasi krisis agar bisa menjadi berita yang menguntungkan lembaga. Eva lantas memuji langkah cepat dan tepat yang diambil Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, pasca kejadian rubuhnya tiang penyangga tol Becakayu di Jakarta, Februari silam. "Berita yang awalnya negatif kemudian berkembang ke arah positif, bisa langsung mereda" kata Eva. 

Selain itu, Eva juga merekomendasi untuk setiap pimpinan lembaga pemerintah sering mengadakan kunjungan ke kantor media massa. "Media visit sangat bermanfaat untuk kita di bidang Humas. Selain bisa berkenalan dengan pimpinan media, kita bisa dekat dengan para redaktur atau produser program berita," katanya.

Yang tak kalah penting, bagi Eva, dalam setiap keadaan krisis yang punya potensi merugikan masyarakat, para pejabat terkait idak malu untuk meminta maaf. "Dengan cara meminta maaf masyarakat memahami kita sedang berusaha memperbaiki keadaan. Jangan malu untuk meminta maaf, tapi kita juga harus melakuan langkah-langkah perbaikan," katanya.

Workshop Komunikasi Publik Kementerian PUPR mengambil tema "Manajemen Isu dan Komunikasi Krisis", diikuti peserta dari Balai dan Unit Kementerian PUPR dari seluruh Indonesia. Workshop ini diselenggarakan Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR bekerja sama dengan Spora Communication.

Ketua Panitia Pelaksana Indah Agustina Dewi, mengaku puas dengan semangat peserta yang rela sampai larut malam mengerjakan tugas. Selain itu, peserta juga antusias saat diberikan tantangan liputan dengan mengelola media sosial. "Semoga ilmu yang didapatkan selama Workshop ini, bisa diterapkan dengan baik," katanya. 

Selain mendengarkan pemaparan dari juru bicara Presiden Johan Budi SP dan Eva Chairunisa, peserta juga melakukan peliputan ke pembangunan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, pembangunan Waduk Muara Nusa Dua, dan pengamanan Pantai Sanur. Peserta juga akan diminta mempublikasikan hasil liputannya di media sosial. 

wartawan
Arief Wibisono
Category

Dewan Badung Gelar Sidak, Periksa Perizinan Usaha di Kuta dan Kuta Selatan

balitribune.co.id | Mangupura - Komisi I, II, dan III DPRD Kabupaten Badung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lokasi usaha di Kuta Selatan dan Kuta, Badung, Senin (8/12). Sidak ini dipimpin Wakil Ketua Komisi I DPRD Badung, I Gusti Lanang Umbara, dan melibatkan berbagai unsur terkait, seperti DPMPTSP, Satpol-PP, dan Dinas Pariwisata. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menegakkan tertib administrasi perizinan usaha di wilayah Badung.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Dukung Kreativitas Suzuki Helat Jimny Custom Contest

balitribune.co.id | Jakarta - Suzuki Jimny merupakan salah satu ikon legendaris yang masih bersinar bagi antusias otomotif di berbagai belahan dunia. Sejak tahun 1979, jumlahkonsumen dan komunitasnya terus bertambah pada setiap generasi. Keistimewaan tersebut menginisiasi Suzuki Indonesia untuk menyelenggarakan Jimny Custom Contest. 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

OJK Bali Genjot Literasi Keuangan hingga Pelosok, Kinerja IJK Tetap Stabil di 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Upaya memperluas literasi dan inklusi keuangan di Bali bukan sekadar slogan. Sepanjang 2025, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali bergerak agresif menembus sekolah, universitas, desa-desa, hingga banjar-banjar untuk memastikan layanan keuangan makin mudah dipahami dan diakses masyarakat.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.