IGTKI Mantapkan Wajib Setahun Pra SD | Bali Tribune
Diposting : 23 May 2016 16:35
redaksi - Bali Tribune
IGTKI
HUT IGTI - Ketua IGTKI Provinsi Bali Tjok Istri Mas Minggu Wathini saat perayaan HUT ke-66 IGTKI di Wantilan Pura Tirta Empul Tampaksiring, Gianyar

Gianyar,  Balitribune

Mantapkan program wajib Pendidikan Usia Dini (PAUD) setahun sebelum SD, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia  (IGTKI) Bali di HUT ke-66 berupaya tingkatkan kualitas guru.

Hal tersebut diungkapkan Ketua IGTKI Provinsi Bali, Tjok Istri Mas Minggu Wathini saat perayaan HUT ke-66 IGTKI di Wantilan Pura Tirta Empul Tampaksiring, Gianyar, Jumat (21/5).
Perayaan HUT ke-66 IGTKI diisi dengan pelbagai lomba bagi para guru. Biasanya setiap hari guru mengajak anak bermain dan berlomba, sekarang malahan para guru yang bermain dan berlomba.

Kegiatan diikuti 1.586 guru TK/PAUD se-Propinsi Bali, juga diisi dengan pebagai hiburan. Peserta berasal dari tujuh kabupaten dan kota se-bali, yakni sebanyak  317 orang asal Kabupaten Jembrana, 322 orang asal Buleleng, 126 orang asal Karangasem, 157 orang asal Klungkung, 32 orang asal Bangli, 200 orang asal Gianyar, 67 orang asal Tabanan, 65 orang asal Badung dan 300 orang asal Kota Denpasar. Kegiatan HUT ke-66 ini juga dirangkai dengan ritual Melebur/melukat, persembahyangan di Pura Tirta Empul dan kunjungan ke Istana Presiden. “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap pentingnya pendidikan karakter usia dini sebagai dasar anak memasuki pendidikan selanjutnya,”terang Tjok Minggu Wathini.  

HUT juga diharapkan mampu menambah wawasan, sportifitas, kesehatan jasmani dan rohani guru TK. Orientasi meningkatkan kualitas pendidikan merupakan sebuah rangkaian panjang dan sinergisitas yang kompleks antara kapabilitas guru, sarana yang lengkap, lingkungan yang kondusif. Oleh sebab itu tenaga pendidik harus mengedepankan prinsip pembelajaran yang sesuai pertumbuhan fisik dengan perkembangan psikis peserta didik. “Pendidikan TK/PAUD menduduki tempat yang sangat penting dan strategis dalam menentukan masa depan bangsa karena pendidikan merupakan kebutuhan hidup dan sebagai proses dalam pertumbuhan manusia sehingga mempunyai fungsi sosial yang berpengaruh dalam kehidupan,” paparnya.

Sekda Kabupaten Gianyar, IB Gaga Adisaputra mengapresiasi serta mengucapkan selamat HUT ke-66 IGTKI dan mengucapkan selamat atas dipilihnya Tjok Istri Mas Minggu Wathini sebagai Ketua IGTKI Propinsi Bali. Pemkab Gianyar akan terus bekerjasama dengan IGTKI dalam menciptakan kualitas pendidik dan peningkatan karakter anak di Gianyar. Hal tersebut dalam upaya mewujudkan Gianyar sebagai KLA.

Kegiatan dihadiri Sekda Gianyar IB Gaga Adisaputra, Bunda PAUD se-Bali, Ketua IGTKI se-Bali dan dibuka Sekdis Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Propinsi Bali, I Wayan Serinah. Rangkaian HUT ke-66 juga diberikan pelbagai penghargaan terhadap Ketua IGTKI masing-masing kabupaten/kota se-Bali.

Hukum & Kriminal

Terpopuler